Mengenal Louis Pasteur

https://www.biography.com/.image/t_share/MTQ1MjM0MjYxNDAwNjI2NTg0/louis-pasteur---mini-biography.jpg

Seorang ahli kimia dan mikrobiologi asal Perancis ini telah membuat berbagai penelitian dan pengembangan dari beberapa teknologi terkait dengan mikrobiologi.

Louis Pasteur lahir pada 22 Desember 1822 di sebuah kota bernama Dole di Perancis. Setelah mengikuti perkuliahan, ia meraih gelar doktor di tahun 1847. Kemudian ia juga menjadi profesor kimia di University Strasbrough. Beberapa tahun kemudian, ia juga ditunjuk menjadi profesor dan dekan di University of Lillie.

Selama masa-masa itu, ia terus melakukan penelitian terkait dengan mikrobiologi. Penelitian pertama yang ia lakukan adalah mengenai minuman beralkohol. Dalam proses pembuatannya, dimungkinkan rasa minuman tersebut berubah menjadi asam dan tidak enak lagi, atau biasa kita sebut basi. Louis dapat membuktikan bahwa penyebab rasa asam dalam minuman tersebut adalah bakteri. Hal ini juga berlaku pada minuman susu. Tidak hanya itu, Louis juga dapat menemukan bahwa bakteri tersebut dapat dihilangkan dengan memanaskan kemudian mendinginkan minuman tersebut. Teknik ini kemudian disebut sebagai teknik pasteurisasi.

Penelitian lain yang ia buat adalah mengenai vaksin. Ia menemukan bahwa penyakit yang disebabkan oleh bakteri dapat dicegah dengan cara mencegah bakteri tersebut menginfeksi tubuh. Salah satu caranya adalah menyuntikkan bakteri yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh. Dengan ini, efek yang ditimbulkan akan sangat kecil, dan bakteri sejenis tidak akan dapat membuat infeksi yang lebih besar lagi. Vaksin pertama yang ia buat adalah vaksin kolera untuk ayam. Tetapi selanjutnya, ia juga membuat vaksin untuk penyakit lain, seperti anthrax dan rabies. Meskipun sudah banyak ilmuwan yang menciptakan vaksin untuk satu penyakit tertentu, Louis Pasteur adalah ilmuwan yang dapat mengembangkan vaksin untuk berbagai macam penyakit.

Pada tahun 1888, sebuah institusi dibangun untuk menangani pengobatan terhadap kesehatan. Institusi itu dinamai Institut Pasteur. Institusi tersebut dibangun untuk mengenang Louis Pasteur, dan Louis Pasteur sendiri mengepalai institusi tersebut. Louis Pasteur meninggal pada 28 September 1895 setelah sebelumnya terkena stroke sejak tahun 1868. Meski demikian, penelitian-penelitiannya sangat bermanfaat di dunia kesehatan sampai saat ini.

Sumber : http://sains.me/mengenal-louis-pasteur/