Mengenal lebih karakteristik kopi luwak Indonesia


Saya disini akan menjelaskan karakteristik kopi luwak Indonesia, sebelum menjelaskan ini, buat anda yang ingin membuka kedai kopi di kota Jember sudah terdapat biji kopi arabika jember dan lengkap dengan mesin kopi murah jember.

Keanekaragaman Indonesia tidak hanya ada pada seni budaya, Bahasa atau suku saja. kopi sebagai salah satu komoditas ekspor terbesar negara ini juga mempunyai keanekaragaman citarasa. Setiap daerah memiliki karakteristik cita rasa kopi yang khas, yang membedakannya dengan kopi dari daerah lain. Mengapa bisa begitu? Karena kopi adalah tanaman yang unik dan sensitif. Cita rasa pada minuman kopi bisa berbeda berdasarkan faktor-fakor yang mempengaruhi tanamannya, buahnya hinngga proses penanganan pasca panenya.

Secara ilmu kimia, memang sulit untuk menentukan senyawa apa yang berperan penting dalam perbedaan karakteristik aroma kopi yang membuatnya bisa berbeda-beda. Namun setidaknya ada empat faktor yang membuat kopi dari setiap daerah memiliki citarasa yang berlainan.

Faktor penentu karakteristik cita rasa kopi

Yang pertama tentu saja varietas kopi, hingga saat ini terdapat setidaknya 140 spesies tanaman kopi. Baik itu dari galur murni maupun spesies hibrida. Kopi arabika adalah jenis kopi yang mempunyai turunan paling banyak disbanding kopi robusta atau liberika. Setiap varietas mempunyai karakteristik citarasa yang berbeda.

Faktor kedua yang dinilai paling dominan dalam perbedaan citarasa kopi adalah terroir tanaman kopi. Istilah terroir sebenarnya berlaku untuk menjelaskan kompleksitas rasa dari minuman anggur/wine.

Istilah terroir secara konsep adalah pemahaman yang utuh terhadap seluruh faktor alam yan ada di lokasi penanaman seperti kandungan dan struktur tanah, bentuk dan kemiringan tanah, iklim ditempat tersebut, cuaca dan sinar matahari, ketinggian tanah, curah hujan dan faktor angina. Seperti juga anggur, kopi adalah tanaman yang membawa ciri khas dari tempat berasalnya. Tentu saja elemen khusus dari terroir yang bertanggung jawab atas dampak pada rasa kopi sangat banyak dan rumit, tetapi beberapa faktor terroir yang penting berkisar pada ketinggian perkebunan, iklim, jenis tanah, mikro-bioma tanah dan topografi dari tempat penanam.

Faktor lain yang juga ikut mempengaruhi perbedaan karakteristik citarasa kopi adalah praktik pertanian dan proses penangan pasca panen. Seperti halnya buah-buahan yang lain, kopi yang baik berasal dari buah kopi yang dipetik pada waktu matang yang optimal. Masalahnya, waktu matang buah kopi kadang tidak seragam, meski itu dari satu pohon yang sama. Karena itu untuk hasil terbaik buah kopi dipetik tagan oleh mereka yang sudah terlatih untuk memperhatikan tingkat kematangan buah yang sedang dipanen.

Setelah itu, ceri kopi akan menjalni proses penangan pasca panen. Proses ini meliputi penyortiran, pengusapan, fermentasi hingga pengeringan. Masing-masing petani kopi memiliki teknik penanganan pasca panen yang berbeda. Perbedaan pengolahan pasca panen ini terletak pada proses fermentasi buah kopi, yang biasanya ada tiga macam, yakni fermentasi ringan, fermentasi medium, dan fermentasi tinggi. Teknik proses fermentasi ini kemudian mengalami perkembangan hingga kemudian dikenal pula istilah honey process dan wine process.

Cara menguji cita rasa kopi

Untuk menilai karakteristik citarasa kopi dibutuhkan keahlian khusus. Dalam dunia kopi specialty, penilaian mutu atau uji cita rsa terhadap biji kopi sebelum diperdagangkan mempunyai peranan yang penting. Para oenguji kopi awalnya akan menilai kualitas kopi berdasarkan penampilan biji kopi mentah. Setelah itu diambil sample untuk disangrai, digiling dan kemudian diseduh. Setelah beberapa menit coffee grader akan mencicipi aroma dan cita rasa kopi tersebut. In disebut metode cupping. Para cupper (pencicip) yang professional bisa membedakan citarasa dari berbagai jenis kopi hingga proses pengpolahannya yang dilakukan. Hasil akhir dari penilaian cupping inilah yang menjadi salah satu faktor penentu harga kopi.

Salah satu alat bantu untuk emnilai karakteristik cita rasa kopi adalah coffee tasters flayour whells yang diperkembangkan oleh speciality coffe. Alat bantu ini mewakili gambaran kaleidoskopik yang komprehensif tentang rasa kopi yang mengandung atribut pada kontinum citarasa antara selera dsar hingg aromatic murni.

Yuk buat anda yang ingin membuka usaha kedai kopi di kota Jember sudha terdapat biji kopi murah jember dan juga melayani ekspor impor jember Indonesia lho, jika minat langsung saja hubungi 085784510337 (Rodiatul) Terima Kasih.