Mengenal lebih dekat dengan “Komunitas Pensil dan Kertas”

Komunitas seni lukis di Indonesia tersebar di beberapa kota, seperti Bandung. Di kota tersebut ada sebuah komunitas dengan nama “ Komunitas Pensil dan Kertas”, bagaimana profil dari komunitas ini?

Komunitas Pensil dan Kertas

Awalnya komunitas ini berdiri karena perkembangan Kota Bandung yang sangat pesat sehingga menimbulkan banyak masalah bagi warganya. Mulai dari kondisi lalu lintas yang semakin semrawut, banjir, sampah dimana-mana, hingga makin banyaknya muncul pemukiman kumuh. Keprihatinan terhadap situasi ini yang kemudian menjadi dasar ide bagi anak-anak muda Bandung yang terkenal kreatif untuk membentuk komunitas.

Berawal dari sekumpulan siswa jurusan seni di sebuah sekolah kejuruan Kota Bandung yang memiliki hobi menggambar, akhirnya terbentuklah sebuah komunitas unik di Kota Bandung yang dijuluki Kota Kembang ini. Nama komunitas tersebut adalah Komunitas Pensil Kertas. Sebelumnya komunitas ini diberi nama Pensil Terbang, namun akhirnya komunitas yang diresmikan tanggal 13 Februari 2009 dan berganti nama menjadi Pensil Kertas. Komunitas yang didominasi anak muda Kota Bandung ini mengajak para warga Bandung untuk ikut merancang masa depan Kota Bandung.

Melalui komunitas ini, para anggotanya mengajak warga Bandung untuk ikut merancang masa depan Kota Bandung dengan menggambar sketsa. Melalui gambar sketsa tersebut masyarakat bisa menuangkan impian mereka tentang Bandung.