Mengenal lebih dekat DanceSport

Dancesport adalah istilah yang sering digunakan untuk kompetisi Ballroom Dancing. Nama tersebut pun dibuat agar penari ballroom mendapatkan pengakuan sebagai salah satu cabang olahraga yang layak menjadi bagian dari Olimpiade. Lalu apa saja tarian yang termasuk Dancesport tersebut?

Menurut yang saya ketahui, Dancesport atau olahraga dansa adalah salah satu cabang olahraga yang dilombakan di tingkat nasional dan internasional. Ada dua kategori olahraga dansa yakni latin dan ballroom.

DanceSport dapat dibagi menjadi 4 kategori gaya, yaitu; International Standard (Waltz (atau disebut juga dengan slow waltz), Tango, Foxtrot, Quickstep dan juga Viennese Waltz), International Latin (Samba, Cha-Cha, rumba, Paso Doble dan juga Jive), American Smooth (Waltz, Tango, Foxtro dan juga Viennese Waltz), serta America Rythm (Cha-cha-cha, rumba East Coast Swing, Bolero, Mambo, dan terkadang Samba dan West Coast Swing masuk dalam kategori ini). Pada tarian tersebut bisa dilakukan secara individu, pasangan, dan beregu.