© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Mengenal lebih dalam tentang kenikmatan

consumo-cafe
Kopi luwak Indonesia

Kopi luwak merupakan salah satu kopi yang terkenal sangat mahal diantara pecinta kopi. Kopi ini memiliiki cita rasa yang unik karena dibuat melalui proses fermentasi yang unik. Proses fermentasi ini berlangsung didalam lambung bersama dengan buah-buah yang dimakan oleh luwak. Beberapa faktor yang mempengaruhi mahalnya harga kopi luwak ini antara lain lamanya proses produksi, seidkit jumlah panen dan rasanya yang kurang pekat. Kopi ini awalnya ditemukan secara tidak sengaja pada masa colonial Belanda, pada saat penerapan sistem paksa. Masyarakat pada saat itu menemukan biji kopi pada kotoran luwak yang masih utuh, kemudian mereka mengolah biji kopi tersebut.

Buat anda yang suka ngopi tidak usah khawatir di kota Jember sudah terdapat biji kopi arabika jember dan juga bisa melayani ekspor impor jember Indonesia lho.

Buah yang siap dipanen berwarna kemerahan. Luwak memiliki kemampuan untuk memilih buah dengan kualitas yang bagus, sehingga buah yang bik saja akan dimakan oleh luwak. Luwak tidak bisa mencerna selurh bagian kopi, sehingga hanya kulit ari dan daging kopinya yang dicerna dan biji kopinya pun tetap utuh. Dalam pencernaan luwak ini, biji kopi mengalami proses fermentasi.

Fase luwak kemudian dikumpulkan untuk dibersihkan, dimana proses pencucian ini dapat berlangsung selama 5-7 kali yang dilakukan di air mengalir. Kemudian, bijij kopi disangrai sampai tingkat medium untuk mempertahankan cita rasa yang unik. Biji yang sudah disangrai, dikemas dan dijual dalam bentuk biji utuh atau dalam bentuk bubuk.

Jenis kopi luwak

Di Indonesia terdapat 3 jenis kopi yaitu kopi Arabica, robusta, dan liberika. Namun untuk jenis liberika ini, sudah jarang diprosuksi karena minat konsumen baik di Indonesia maupun dunia adalah kopi Arabica dan robusta. Kopi Arabica tumbuh di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1000-2100 mdpl. Ketinggian tempat ini mempengaruhi kandungan tanah dan kelembaban udara. Semakin tinggi dataran tempat budidaya kopi, semakin baik kopi yang dihasilkan, sehingga aroma dan rasa kopi yang dihasilkan juga lebih baik. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa kopi luwak Arabica lebih baik dari pada robusta. Ciri kopi luwak Arabica adalah asam sedangkan robusta cenderung lebih pahit.

Minat bisa langsung hubungi 085784510337 (Rodiatul) Terima Kasih.