Mengenal Cairan Penghancur Logam (Aqua Regia)

Aqua Regia adalah campuran antara HNO3 dan HCl.
Keduanya adalah cairan asam yang kuat dan sama-sama bersifat korosif. Mampu menghancurkan logam – logam masif macam besi dan baja. Logam-logam mulia seperti emas, platinum dan palladium akan larut dalam larutan aqua regia (AR) sedangkan perak akan larut dan kemudian mengendap kembali dalam bentuk endapan perak klorida (endapan putih).


Gambar 1 Aqua Regia

Komposisi Aqua Regia:

  1. Asam Klorida (HCl)
    image
    Gambar 2 HCl
  2. Asam Nitrat (HNO3)
    image
    Gambar 3 HNO3
    Perbandingannya 4 bagian HCl untuk 1 bagian HNO3
    Contoh : 400mL HCl untuk 100mL HNO3

Aqua regia sangat bermanfaat untuk melarutkan emas dan platinum serta diaplikasikan pada kegiatan ekstraksi dan pemurnian beberapa logam.

Chloroauric acid dapat dibuat dengan menggunakan aqua regia untuk memproduksi elektrolit untuk proses Wohlwill. Proses ini dapat menyaring kemurnian emas sangat tinggi (99,999%). Proses yang sama dapat digunakan untuk memproduksi platinum dengan kemurnian tinggi.

Selain digunakan untuk melarutkan logam murni, aqua regia juga digunakan untuk proses analisis kimia analitik. Aqua regia digunakan untuk membersihkan logam dan bahan organik pada mesin dan alat gelas.

Bahkan, lebih baik menggunakan aqua regia daripada asam kromat untuk membersihkan tabung NMR karena asam kromat bersifat racun dan dapat mengahasilkan kromium yang dapat menghancurkan spektra NMR.

Referensi:


labmaniaindonesia.id
wikimedia.org
alibaba.com