Mengenal alat musik Cajon

Cajon “peti” atau “kotak berlubang” adalah alat musik perkusi berbentuk kotak bersisi enam dengan lubang di salah satu sisi yang dimainkan dengan menepuk sisi-sisinya dengan tangan, jari, atau berbagai alat lain seperti stik atau sikat drum. Cajón umumnya dibuat dari kayu lapis dengan ketebalan antara 1,3 hingga 1,9 cm pada lima sisinya dan papan yang lebih tipis pada sisi keenam yang berfungsi sebagai bidang utama untuk ditepuk atau dipukul. Alat musik ini mulai berkembang luas pada akhir abad ke-18.

Cara memainkannya adalah dengan duduk diatas cajon dan memukul-mukulkan telapak tangan dengan beberapa teknik. Dari situlah dapat dihasilkan seperti bunyi mirip dengan suara snare, bass drum, dan suara hi-hat.

Di Indonesia, alat musik ini “booming” dipergunakan sekitar tahun 2010. Cajon sering kita jumpai di cafe, mall, dan juga di televisi.

Ada beberapa warna bunyi dasar yang dihasilkan oleh instrument Cajon dengan beberapa teknik pukulan, yaitu :

  1. Tone: Memukul dengan setengah telapak tangan. Bass : Memukul dengan seluruh telapak tangan

  2. Tap: Memukul dengan ujung jari. Slap: Memukul seperti sedang mencolek dengan ujung jari

Referensi

http://nuansamusik.com/posts/tentang-cajon

Cajon (baca : Kahon) adalah sebuah alat music perkusi (alat music pukul) seperti box drum yang berasal dari Peru dan diperkirakakan sudah banyak digunakan sejak sejak abad 18. Arti kata “Cajon” sendiri adalah “kotak”, diambil dari bahasa Spanyol.

Alat Musik ini, pada awalnya dimainkan oleh pekerja-pekerja dipelabuhan dan budak-budak. Alat Musik ini sebagai bentuk perlawanan, karena saat itu, Pemerintahan Kolonial Spanyol tidak memberikan kesempatan kepada budak dan pekerja kasar pelabuhan untuk bisa menikmati Musik. Akhirnya, para pekerja ini membuat sendiri musik dengan cara memukul-mukul kotak (Cajon) ikan. Nada yang dihasilkan oleh tabuhan Cajon (kotak) ini kemudian mengiringi mereka bernyanyi.

Bentuknya mirip seperti box speaker, kotak kayu enam sisi bagian depan sebagi penghasil bunyi yang didalamnya diberi snare gitar bass untuk menghasilkan bunyi mirip hithat, bagian ada lubang udara keluar masuk dari ruang resonansi bunyi. Cara bermain, seorang pemain duduk diatas cajon dan memukul-mukulkan telapak tangannya dengan beberapa teknik dari situlah dapat dihasilkan seperti bunyi drum seperti suara snare, bass drum, rimclik dan suara hihat. Bahan cajon yang bagus biasanya dari kayu maple.

Saat ini, Cajon mulai dikenal di pelbagai negara dan sering digunakan dalampementasan musik akustik. Di Indonesia, alat musik ini “booming” dipergunakan sekitar tahun 2010. Sekarang alat musik ini sering kita jumpai di kafe, mal dan beberapa tayangan musik di televisi. Alat musik ini, banyak didatangkan dari negara asalnya dan Spanyol.

Sumber

http://nuansamusik.com/search?q=cajon

Cajon adalah sebuah alat musik perkusi (alat musik pukul) seperti box drum yang berasal dari peru dan di perkirakan sudah banyak digunakan sejak abad 18. Arti kata ”Cajon” sendiri adalah “kotak”, diambil dari bahasa spanyol.

Pada umumnya Cajon ini dimainkan pada permainan musik akustik.Musik Akustik adalah musik yang mengeluarkan bunyi dari alat musik tersebut. Pada umumnya musik akustik ini tidak menggunakan tenaga listrikapapun, hanya menggunakanMic (pengeras suara) di masing-masing alat musik akustik. Alat-alat musik akustik diantaranya adalah Gitar Klasik, Piano, Cajon, Gitar Bass dan Vocal.

Cajon bentuknya mirip seperti box speaker, kotak kayu enam sisi bagian depan sebagai penghasil bunyi yang didalamnya diberi senar gitar bass untuk menghasilkan bunyi mirip hi-hat. Hit-hat adalah salah satu dari bagian Drum set, yang berguna sebagai pembantu beat pada saat memainkan drume. Hit-hat ini pada drume set terletak disebelah kiri pemain bersebelahan dengan snare. Setelah itu salah satu bagian belakang Cajon ada lubang udara yang berfungsi sebagai keluar masuk dari ruang resonansi bunyi. Untuk memainkan sebuah Cajon seorang pemain duduk diatas Cajon dan memukul-mukulkan telapak tangannya dengan beberapa teknik dari situlah dapat dihasilkan bunyi seperti suara snare, bass drum, rimclik dan suara hihat.

Menurut pembuat Cajon, bahwa bahan untuk sebuah Cajon yang paling bagus adalah dari kayu Maple.Jika kayu Maple tidak ada atau kehabisan stock, maka dapat juga diganti dengan triplek Rose Wood. Triplek rose wood ini juga terbuat dari kayu Maple. Kayu Maple ini sama dengan
kayu Mahoni yang memiliki kwalitas yang bagus. Kayu ini lebih berporidan suara yang dihasilkan sangat kuat serta keras.