Mengenakan Kaos Kaki di Dalam Rumah, yay or nay?

image

Saya mengamati bahwa orang Indonesia termasuk jarang sekali mengenakan kaos kaki di dalam rumah. Padahal jika melihat negara-negara tetangga, orang-orang disana bahkan setiap saat selalu mengenakan kaos kaki, bahkan saat tidur sekalipun.

Saya sendiri termasuk jarang mengunakan kaos kaki saat tidak bersepatu. Jika berada di dalam rumah, kalau keadaannya memungkinkan, saya akan melepasnya. Bagaimana dengan teman-teman? Seberapa sering mengenakan kaos kaki di dalam rumah? Menurutmu mengapa masyarakat kita jarang sekali menggunakan kaos kaki dalam beraktivitas sehari-hari?

Saya pribadi merupakan orang yang jarang menggunakan kaos kaki di dalam rumah. Saya pernah menggunakan kaos kaki di dalam rumah dalam keadaan-keadaan tertentu saja misalnya ketika saya merasa kedinginan.
Menurut saya pribadi mengapa masyarakat di Indonesia jarang menggunakan kaos kaki atau enggan menggunakan kaos kaki, alasan utama yang sering saya dengar dari orang sekitar saya yang jarang atau tidak menggunakan kaos kaki ketika beraktivitas yaitu karena mereka merasa “panas”.
Iklim tropis yang ada di Indonesia terkadang membuat beberapa orang merasa gerah, panas, dan tidak nyaman apabila harus menggunakan kaos kaki, sehingga mereka memilih tidak menggunakannya. Beberapa tuntutan seperti pekerjaan, karena sekolah, atau lainnya yang membuat masyarakat baru akan menggunakan kaos kaki.

Nah. I don’t wear socks in my own home, because it is not so comfortable for me. Well, sesekali jika saya merasa kedinginan atau sedang sakit biasanya saya memakai kaus kaki dengan tujuan untuk menjaga telapak kaki agar tetap hangat, Kalau di hari biasa, saya tidak akan pernah menggunakan kaus kaki di rumah karena memang iklim di Indonesia sendiri adalah iklim tropis yang jika kita paksakan memakai kaus kaki di dalam rumah tentunya akan terasa gerah dan tidak nyaman. Sebaliknya, saya baru akan menggunakan kaus kaki jika memang ada urusan dan pekerjaan di luar rumah yang menuntut untuk rapi seperti misalnya kuliah dan lainnya.

Saya jarang sekali menggunakan kaos kaki di dalam rumah. Biasanya hanya ketika hawa dingin saja atau ketika sedang hujan.

Menurut saya mengapa masyarakat kita jarang menggunakan kaos kaki di dalam rumah ya karena di Indonesia beriklim dengan pancaran matahari sepanjang tahun yang menyebabkan udara di Indonesia lembab. Jadi kalau menggunakan kaos kaki di dalam rumah rasanya pasti tidak nyaman, karena kaki akan berkeringat. Mungkin untuk masyarakat yang tinggal di dataran tinggi menggunakan kaos kaki di dalam rumah adalah hal biasa karena hawa disana dingin.

saya memiliki pendapat yang sama dengan kak @williamaditama terkait masyarakat Indonesia jarang menggunakan kaus kaki karena

Berdasarkan pengalaman saya sendiri tinggal di Kota Balikpapan yang cuacanya panas tidak perlu menggunakan kaos kaki ketika berada di rumah, tetapi saat saya pergi kuliah ke Kota Malang yang memang hawanya dingin saya harus menggunakan kaus kaki karena kalau tidak nanti kulitnya jadi kering karena kedinginan.

tetapi saya memang suka menggunakan kaus kaki saat akan tidur, menurut saya membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Selain itu, apabila saya menggunakan pelembab sebelum menggunakan kaus kaki, kaki saya jadi terjaga kelembabannya sepanjang malam.