Mengatasi tenggorokan sakit pasca pencabutan gigi

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas.
e

Pencabutan gigi graham (molar) memang umumnya memerlukan waktu pemulihan yang lebih lama dibandingkan gigi-gigi lainnya. Hal ini dikarenakan gigi graham melekat dengan kuat pada struktur di sekitarnya. Oleh karenanya, kerap terjadi peradangan bahkan yang bisa bertahan hingga 1-3 hari usai cabut gigi. Peradangan ini tidak hanya bisa menyebabkan nyeri, namun bisa juga gusi yang bengkak dan kaku rahang.

Akan tetapi, bila nyeri yang Anda rasakan sangatlah hebat, dan bertahan hingga lebih dari 3 hari pasca cabut gigi, sebaiknya Anda periksakan kembali keluhan Anda ke dokter gigi yang mencabut gigi Anda sebelumnya. Dikhawatirkan nyeri tersebut muncul akibat ada faktor lain, misalnya cidera syaraf, infeksi bekas cabut gigi, selulitis (infeksi jaringan lunak), gangguan tulang rahang, dan sebagainya.

Nyeri tenggorokan yang Anda rasakan bisa jadi muncul akibat penjalaran peradangan dari bekas cabutan gigi. Bisa juga, nyeri tersebut muncul akibat iritasi tenggorokan, misalnya ketika Anda terlalu banyak makan makanan pedas dan mengandung pemanis buatan. Refluks (naik kembali) asam lambung, infeksi virus atau bakteri, kemasukan benda asing (misalnya tertelan duri makanan), hingga keganasan mungkin juga menyebabkan nyeri tenggorokan.

sumber: Mengatasi Tenggorokan Sakit Pasca Pencabutan Gigi - Tanya Alodokter