Mengatasi Kecemburuan Sosial

Menghilangkan-Sifat-Iri-dan-Dengki

Lingkungan sosial memang tak selalu menyenangkan. Terkadang orang-orang terdekat Anda justru menyimpan rasa iri dan cemburu. Hal tersebut mengakibatkan perasaan serta emosi Anda terganggu. Bagaimana cara mengatasinya? Ini dia!

  1. Yang harus Anda yakini, rasa iri dan cemburu orang-orang sekitar belum tentu karena kesalahan yang Anda perbuat. Jangan menghabiskan waktu untuk mencari kesalahan apalagi menarik diri dari lingkungan sosial. Hal tersebut hanya merugikan Anda.

  2. Jangan terlalu dimasukkan ke hati apapun yang dikatakan atau dilakukan orang yang iri terhadap Anda. Jangan juga melawan kemarahan mereka dengan kemarahan juga.

  3. Tetaplah bersikap baik terhadap orang-orang yang menyimpan rasa iri terhadap Anda. Tunjukkan bahwa kepribadian Anda tak sesuai dengan yang mereka pikirkan. Tunjukkan bahwa pikiran mereka selama ini terhadap Anda salah.

  4. Jika memang orang-orang itu benar-benar tak bisa berbaik hati dengan Anda, jangan terlalu dipikirkan. Tak selamanya semua orang bisa menyukai Anda, terimalah keadaan itu.

  5. Jadikan pengalaman ini sebagai pelajaran untuk membuat pribadi Anda lebih baik. Jadikan ini sebagai bahan introspeksi diri.

Apa pesan moral dari kisah tersebut?

SUMBER :

Dalam kehidupan bermasyarakat bersosialisasi atau menjalin komunikasi itu penting, agar tidak timbul prasangka-prasangka yang merugikan dan tidak berlanjut menjadi kecemburuan social. Cara terbaik jika dalam bermasyarakat kita menemukan atau bahkan menjadi korban kasus seperti ini adalah dengan tidak menerima sepenuhnya prasangka-prasangka yang sedang beredar, tidak mendendam dan yang terpenting adalah kita harus bersabar. Sebab tuhan tahu yang sebenarnya. Dan agar kita terhindar dari sifat ini, mulailah untuk berpikiran positif.