© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Mengapa word of mouth menjadi sangat penting dalam pemasaran?

Word of mouth

Word of mouth adalah komunikasi mengenai produk dan jasa di antara orang-orang yang dianggap independen dari perusahaan penyedia produk dan jasa, dalam medium yang juga terlepas dari perusahaan.

Word of mouth merupakan salah satu promotion mix , selain advertising, sales promotion, personal selling, direct marketing dan interactive marketing. Tiga permasalahan yang timbul di dunia pemasaran dan alasan mengapa word of mouth menjadi sangat penting dalam pemasaran menurut Rosen adalah :

  • Noise. Saat ini, konsumen mendapatkan informasi yang terlalu banyak akibat banyaknya promosi yang gencar dilakukan oleh berbagai perusahaan yang bersaing, sehingga mereka akan menempatkan filter untuk menyaring informasi yang masuk, salah satunya adalah mendengarkan apa yang dikatakan teman. Dalam hal ini word of mouth yang didapat dari teman akan membantu memberi informasi tentang produk yang baik.

  • Sceptism. Konsumen saat ini lebih skeptis dalam memandang suatu informasi yang diberikan oleh produsen. Mereka lebih percaya atas informasi yang diperoleh dari teman atau saudara mereka, jadi pemicu word of mouth di masyarakat juga penting, karena saat ini promosi melalui iklan sudah tidak terlalu efektif seperti beberapa tahun lalu.

  • Connectivity. Konsumen saling berhubungan satu dengan yang lain dalam suatu jaringan yang invisible. Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi antar konsumen menjadi lebih cepat karena orang bisa dengan cepat berkomunikasi tidak hanya dengan orang yang dikenal tetapi juga dengan orang yang belum dikenal sama sekali sebelumnya. Jadi dengan adanya word of mouth, informasi tentang produk dan perusahaan dapat menyebar lebih luas dan lebih cepat dibandingkan informasi yang disampaikan melalui media promosi biasa.

Referensi : Emanuel Rosen. The Anatomy of Buzz: How to Create WOM Marketing. (New York: Currency-Doubleday, 2000)