Mengapa Website Wonderful Indonesia dikatakan cukup sukses?

Pariwisata di Indonesia merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia. Pada tahun 2009, pariwisata menempati urutan ketiga dalam hal penerimaan devisa setelah komoditi minyak dan gas bumi serta minyak kelapa sawit. Berdasarkan data tahun 2014, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia sebesar 9,4 juta lebih atau tumbuh sebesar 7.05% dibandingkan tahun sebelumnya.

Situs berita wisata, Travel Weekly Asia, menempatkan Wonderful Indonesia sebagai The Best Destination Marketing 2016, dalam acara penghargaan Honorarium the Best in the Travel Industry, di Singapura, pada Senin (17/10). Penghargaan ini tentu saja membuat Kementerian Pariwisata (Kemenpar), karena Travel Weekly Asia merupakan media yang sudah eksis selama 14 tahun di Asia Pasifik, setelah pertama kali terbit di Amerika Serikat pada 1958. Penghargaan penanda apresiasi dari pembaca itu diserahkan langsung oleh President Travel Group Northstar, Robert G Sullivan kepada perwakilan Kemenpar, Asdep Pengembangan Pemasaran Mancanegara Wilayah ASEAN, Rizki Handayani Mustafa.

Mengutip keterangan resmi Kemenpar yang diterima pada Selasa (18/10), Wonderful Indonesia bisa menang karena strateginya selama setahun belakangan terbilang sangat gencar, pengembangan berjalan baik dan sistem berjalan lancar.Pamornya dalam catatan World Economic Forum (WEF) Traval and Tourism Competitiveness Index pun naik, di antara 144 negara dunia, Indonesia meloncat masuk di posisi ke-47. Pengembangan yang terbilang berhasil ialah pengembangan potensi wisata 3 Greaters, yaitu Bali, Jakarta dan Kepulauan Riau (Batam-Bintan). “Karena, dari tiga pintu itulah 90 persen wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia. Ketiganya memang paling siap,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Manajemen Produk - C
anggota kelompok : @strait555, @vanzelsky, @arrofiqbudi

4 Likes

Website Wonderfull Indonesia merupakan salah satu website lokal yang memiliki design dan fitur yang sangat bagus. Dalam website tersebut terdapat informasi yang cukup lengkap mengenai berbagai destinasi wisata yang ada di Indonesia. Di lansir dari sebuah alexa.com website ini menempati urutan 200.000 website terbaik di dunia, serta menempati urutan 7000 terbaik website lokal Indonesia.
Dari segi performa website ini juga cukup cepat dengan average processing time 1,7s. Tampilan website yang dinamis serta penempatan foto yang proporsional juga menambah nilai positif website ini.

Saya sangat setuju dengan kata sukses untuk website ini. Semua aspek dalam penyampaian informasi kepada wisatawan dapat dengan baik tersampaikan karena informasi yang jelas dan informatif sekali. Dengan adanya “Get Around” dan “Get There” tentu wisatawan tidak akan bingung lagi.

Tidak heran Wonderful Indonesia meraih dua penghargaan dalam Los Angeles Travel and Adventure Show (LATAS) 2017. Penghargaan itu makin bermakna karena Wonderful Indonesia mampu berkreasi yang menjadi selera dunia. Dan terbukti menyisihkan negara-negara lain yang punya reputasi tinggi di sektor pariwisata seperti Mesir, China, Tahiti, Panama dan Spanyol.

Sumber: http://travel.kompas.com/read/2017/02/24/200800827/wonderful.indonesia.sabet.penghargaan.di.los.angeles

Saya sangat setuju bahwa Website Wonderful Indonesia ini adalah website yang sukses. Website ini sangat menarik untuk dikunjungi, dengan memasang slogan Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia dapat menggambarkan bagaimana kecantikan tempat-tempat pariwisata di Indonesia. Website Wonderful Indonesia juga mempunyai tampilan yang cukup elegan, ditambah dengan cara penyampaian informasi yang dikemas dengan baik.

Pada dua tahun belakangan ini, website Wonderful Indonesia sudah banyak sekali meraih penghargaan Internasional, seperti penghargaan yang di dapat di Johannesburg (Afrika Selatan), Los Angeles (Amerika), Madrid (Spanyol), dan masih banyak lagi. Tak heran bahwa Pamor dari Wonderful Indonesia saat ini sedang meroket.

Pesaing terberat Wonderful Indonesia di kawasan ASEAN (Asia Tenggara) adalah Malaysia dan Thailand, di kedua negara tersebut infrastrukturnya jauh lebih maju dari Indonesia, mulai dari bandara, jalan raya, hingga moda transportasi. Disini Indonesia bak seperti gadis cantik yang belum terpancarkan keindahannya. Untuk menyaingi kedua negera tersebut, Indonesia harus memperhatikan segala aspek kekurangan seperti yang sudah disebutkan tadi, dan juga perlu integrasidari pemerintah pusat, pemerintah daerah, kementerian-kementerian, pihak swasta, LSM, hingga warga negara Indonesia.

Mengapa bagus? yap, karena website Wonderful Indonesia sudah sangat baik dalam menerapkan elemen-elemen yang ada dalam modern website.

Seperti yang saya ketahui, dalam website Wonderful Indonesia sudah menggunakan elemen-elemen berikut ini:

  1. Penggunaan hamburger menu pada kiri atas untuk menjadikan website wonderful indonesia lebih simpel
  2. Penggunaan Large Hero Image pada bagian awal halaman untuk mempercantik tampilan
  3. Penggunaan card design untuk mempermudah penyampaian beragam informasi

3 elemen tersebut ada dalam artikel 8 Elemen penting dalam modern desain web dan saya pikir pantas saja bahwa website Wonderful Indonesia dikatakan sukses karena sudah mampu bersaing dengan web lainnya karena sudah berpegang teguh dengan prinsip modern web

Saya rasa website Wonderfull Indonesia bisa sukses berkat konten informasi yang mereka berikan. Informasi yang ada sangatlah detail untuk pengunjung yang ingin mencari-cari tempat tujuan untuk berwisata. Mulai dari deskripsi singkat, alamat, akomodasi, hingga jalur yang dapat dilalui untuk mencapai tempat tersebut. Bahkan belakangan ini Wonderfull Indonesia bekerjasama dengan pengusaha travel dan hotel di daerah-daerah untuk menawarkan tiket perjalanan yang mudah dan nyaman.

Sempat membaca berita juga tentang Peranan Internet Dalam Memasarkan dan Memajukan Pariwisata Indonesia, yang menjelaskan bahwa Indonesia memenangkan 12 Kategori Wisata Halal Dunia yang diselenggarakan di Dubai.

Kita bersyukur semenjak dua tahun lalu Promosi Pariwisata Indonesia di dunia Internasional Meningkat dengan Pesat bahkan untuk Tagline Wonderful Indonesia sudah mengalahan Amazing Thailand dan Truly Asia-nya Malaysia. Hal ini perlu kita apresiasi, Disamping itu Kebijakan menambah daftar negara yang bebas Visa juga ikut mendorong jumlah wisatawan mancanegara datang ke Indonesia

Salah satu hal yang membuat Indonesia lebih dikenal dalam pariwisata adalah website-website yang mem-branding indonesia dengan baik; contohnya Wonderful Indonesia.