Mengapa website Booking Futsal tidak dapat mencuri hati masyarakat?

Untuk cara booking, telah dijelaskan caranya secara detail. Dengan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti. Setelah mengikuti step yang diberikan, tidak ada kesulitan yg berarti. Dalam hal ini, bookingfutsal.dom telah mampu menerapkan fitur-fitur yang mendukung dalam hal pemesanan. Namun sangat disayangkan, lingkup yang kecil (hanya mampu memesan 2 pilihan lapangan) dan desain yang kurang menarik menyebabkan bookingfutsal tidak mampu mencuri hati masyarakat.

Menurut saya tampilan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Pengguna akan mendapatkan kesan pertamanya terhadap suatu produk berdasarkan tampilannya. Tampilan juga kan membangun public image dari suatu produk. Tampilan website sudah merepresentasikan fungsi dari website ini, namun tampilannya terlalu monoton dari segi warna. Dari segi tata letak, tampilan website ini sudah cukup rapi. Oleh karena itu, dalam mengembangkan produk kita nanti maka kita harus mempertimbangkan tampilan produk sehingga memberikan kesan yang baik dimata pelanggan.

Setelah saya melihat-lihat isi website tersebut dalam website tersebut hanya bisa untuk membooking dua tempat saja, ide pembuatan website sebenarnya sangat membantu , apalagi bagi kalangan pecinta olahraga futsal. Tetapi jika yang tersedia hanya dua tempat saja sedangkan kita sebagai user ingin memakai lapangan untuk futsal dan teryata tempat yang disediakan tersebut habis tentunya kita sebagai user akan repot dan bingung. Sebenarnya website tersebut bukan tidak dapat mencuri hati masyarakat tetapi mungkin masih banyak yang perlu diperbaiki dari website tersebut. Salah satu sebabnya juga seperti yang saya sebutkan diatas, kita hanya mendapat dua informasi dari dua tempat futsal sedangkan jika kedua tempat tersebut penuh belum dipikirkan solusi yang tepat.

menurut sumber yang saya baca di internet, prinsip-prinsip dasar dalam mendesain tampilan situs web yang baik salah satunya adalah mempertimbangkan fungsi-fungsinya terlebih dahulu, baru penyajiannya, dan lebih fokus pada user dan task-task, bukan hanya pada teknologinya. Memang benar jika di website tersebut telah ada informasi cara booking yang lebih memudahkan user untuk memesan lapangan dll, tetapi tidak bisa dipungkiri jika tampilan website juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi user untuk menggunakan web tersebut… Pada website tersebut jelas terlihat desainnya masih kurang efektif serta interface web tersebut masih belum responsif terhadap ukuran layar device pada PC maupun android. Hal-hal itu yang tidak mampu mencuri hati masyarakat.

Menurut saya website bookingfutsal.com kurang memberikan informasi dimana pengguna harus melakukan login, lalu sangat disayangkan webiste ini hanya menyediakan dua tempat futsal. Alangkah lebih baiknya website ini memberikan informasi semua tempat futsal yang ada dikota tersebut, sehingga pengguna yang berlokasi jauh dari duatempat tersebut mereka mempunyai pilihan tempat futsal lain yang dekat dengan tempat tinggal mereka.

Dari sumber yang saya baca dari Kriteria website yang baik dapat di ketahui bahwa salah satu kriteria website agar di minati user dapat dilihat dari berbagai segi antara lain sebagai berikut:

a. Usability
Pertanyaan yang mendasar dari segi ini adalah “ apakah user bisa menggunakan web tersebut dengan efektif?”
Ada beberapa syarat agar situs web bisa dikatakan ideal seperti :

  • Mudah untuk dipelajari
  • Efisien dalam penggunaan
  • Mudah untuk diingat
  • Tingkat kesalahan rendah (hindari linkyang tidak berfungsi)
  • Utamakan kepuasan pengguna.

b. System navigasi
Navigasi membantu pengunjung untuk menemukan jalan yang mudah ketika menjelasjahi situs web
Syarat navigasi yang baik :

  • Mudah dipelajari
  • Tetap konsisten
  • Memungkinkan feedback
  • Muncul dalam konteks
  • Menggunakan label yang jelas dan mudah dipahami

c. Graphic desain
Kepuasan visual seorang user melibatkan bagaiman desain tersebut bisa menarik dan membawa mata user untuk menjelajahi web tersebut, grafik dalam web tersebut bisa memperindah tampilan. Desain yang baik memiliki komposisi warna yan baik dan konsistensi layout grafij yang konsisten, teks yang mudah dibaca, pola yang harmonis.

d. Contents
Konten yang baik akan menarik, relevan dam pantas untuk tarhet audiens situs tersebut, konten harus relevan dengan tujuan situs, jika ada konten yang berbentuk multimedia usahakan ada hubungan dengan isi situs web

e. Compatibibility
Situs web harus kompatibel dengan berbagai perangkat tampilannya (browser), harus memberikan alternatif bagi browser yang tidak dapat melihat situsnya.

f. Loading time
Situs web yang tampil lebih cepat kemungkinan akan kembali dikunjungi user, apalagi didukung konten dan tampilang yang menarik .

g. Functionality
Seberapa baik sebuah situs web bekerja dari segi teknologi

h. Accessibility
Halaman web dapat dipakai oleh setiap orang. Ada beberapa hambatan yang ditemui dari sisi pengguna untul bisa menikmati situs web antara lain : hambatan fisik dan infrastruktur

i. Interactivity
Apa yang melibatkan pengguna situs web sebagai user experience dengan situs web itu sendiri. Dasar dari interaktivitas adalah hyperlinks (link) dan mekanisme feed back. Gunakan hyperlink untuk membawa pengunjung ke sumber berita, topik lebih lanjut, topik terkait, atau lainnya

Creative Media telah memaparkan bagaimana cara membuat website yang unik dan menarik, namun ada beberapa point yang saya rasa bookingfutsal.com tidak memilikinya, yaitu:

  1. Adaptive / Responsive Web Design
    saat ini perangkat untuk mengakses internet tidak hanya terbatas pada PC saja, dari smartphone pun bisa. Jadi untuk membuat website yang menarik dan unik, haruslah kita mempertimbangkan responsive dari desain web tersebut. Ketika mencoba di smartphone, tampilan akan seperti ini

    berbeda ketika saat kita mengaksesnya menggunakan laptop


    ini menunjukkan bahwa bookingfutsal.com telah melakukan pertimbangan terkait responsive dari desain webnya, terutama terkait pada penggunaan di smartphone. Namun, kurang baik dalam penataan desain, mengakibatkan tulisan tidak terlihat dengan jelas. sehingga, harus melakukan zoom-ing. Ini yang harus diperhatikan, jadi bagaimana ketika dalam device atau perangkat yang berbeda, website yang ditawarkan tetap mampu memberikan kenyamanan bagi pengguna. berbeda ketika mengaksesnya melalui Laptop.

  2. Typography
    telah banyak font yang dapat digunakan untuk membuat tampilkan web lebih menarik dan unik. Dalam bookingfutsal.com, menggunakan font yang biasa digunakan sehingga tidak memberikan kesan menarik dan unik ketika dibaca oleh pengguna.

Mungkin hanya dua saja pada kesempatkan kali ini yang saya fokus amati. Semoga mampu menjadi bahan pertimbangan dalam pembuatan produk kita.

yap saya setuju dengan pendapat saudara puput diatas, hanya ingin menambahkan jika dilihat dengan kasat mata memang secara design yang tidak responsive dan font yang digunakan hanya itu-itu saja, tetapi tidak keseluruhan design tidak baik, bisa dilihat dari awal membuka web tersebut dengan pemilihan warna yang terang dan konsisten pada tiap halaman, itu menjadi satu poin penting dalam pembuatan web dengan tujuan dapat mempermudah pengunjung untuk pindah ke halaman lain, seperti yang kita tau website Booking Futsal adalah web olahraga yang berkaitan dengan kesehatan, sedangkan pemilihan kombinasi warna hijau tua dan hijau muda sangat cocok dengan tema olahraga disini.
Menurut sumber yang saya baca pada NiagaHoster , Hijau merupakan warna sekunder hasil kombinasi antara warna biru dan kuning yang termasuk warna dingin/sejuk yang sering dikaitkan dengan lingkungan dan alam. Sehingga warna hijau dapat disimbolkan dengan:

• Kesuburan
• Pertumbuhan
• Kesegaran
• Pembaharuan
• Kestabilian

Penerapan warna hijau ke dalam sebuah desain website sangat efektif untuk menunjukan sifat natural/alam, seperti kesehatan, makanan/minuman dan produk/bidang yang berada di luar ruangan.
Jadi bisa disimpulkan bahwa penerapan warna dalam design website ini telah sesuai dengan tema yang diambil,

Saya setuju fitur-fitur dalam website ini sudah bagus dan berfungsi, namun ruang lingkup website ini terlalu sempit. Seharusnya bisa dikembangkan lagi melalui kritik dan saran dari penggunanya, serta gencar melakukan promosi sehingga bisa menjangkau wilayah yang luas. Seperti yang saya amati website ini sudah memiliki facebook fans page untuk promosi bisnisnya. Namun posting terakhirnya dilakukan pada tahun 2012. Fanspage nya hanya mendapat 83 likes yang menunjukkan bahwa situs ini tidak populer. Dengan tidak adanya promosi yang gencar menyebabkan website bookingfutsal.com semakin terlupakan dan tidak bisa mengembangkan bisnisnya ke wilayah lain yang lebih luas.

Dalam situs https://www.maxmanroe.com/10-cara-mempromosikan-website-bisnis-via-facebook.html disebutkan bahwa facebook bisa menjadi media promosi bisnis yang sangat bagus jika digunakan dengan cara yang tepat. Salah satunya adalah dengan meng-update konten halaman dengan informasi yang berguna bagi audiens. Jika konten fans page menarik dan berguna maka akan makin banyak pengguna facebook yang membagikan konten kita sehingga website akan semakin dikenal masyarakat.

saya setuju dengan apa yang windha katakan, hanya ingin menambahkan saja, cara promosi website tidak hanya melalui media sosial saja, tetapi ada banyak cara lainnya yang dapat membantu promosi website. Menurut website kompasiana menjelaskan ada 9 cara untuk mempromosikan suatu website yaitu :

  1. Melalui Web Forum
    Bergabung dengan forum, kemudian masuk ke dalam suatu kategori yang sesuai dengan konten website kamu. Yang perlu kamu lakukan adalah, mengkomentari postingan yang sekiranya banyak peminatnya dan kemudian memasang alamat url secara langsung.

  2. Menggunakan Media Video
    Buatlah Video sederhana yang isinya menerangkan web anda kemudian upload pada media video seperti YouTube, google Video, Vimeo, metacafe dll dan jangan lupa buatlah link yang menghubungkan ke web anda,

  3. Tukar link
    Sering-seringlah browsing dan mengunjungi web-web yang ada kaitannya dengan tema web yang kamu punya, kemudian mintalah kepada admin web tersebut untuk bertukar link dengan web kamu.

  4. Membuat Newslater Feed, Rss Feed
    Buatlah website dengan konten yang semenarik mungkin dan up to date, lalu buatlah Newsletter, RSS Feed, Feed Burner dan semacamnya yang memungkinkan konten kamu bisa dibuka melalui media apa saja, baik itu via Handphone, Email, ataupun media lainnya.

  5. Melalui kartu nama
    Menyertakan alamat website pada kartu nama kamu atau brosur yang kamu sebarkan.

  6. Mendaftarkan web pada situs terpercaya
    Untuk mempercepat pengindeksan web anda pada mesin pencari, maka ada baiknya URL web anda didaftarkan terlebih dahulu melalui web mesin pencari seperti google, bing, yahoo dll

  7. Menggunakan Fasilitas website PPC
    PPC atau Pay Per Click adalah sebuah website yang tujuannya untuk mempromosikan web lainnya dengan meminta bayaran tertentu apabila website yang dipromosikannya di klik oleh orang lain.

  8. Memanfaatkan situs jejaring sosial
    Banyak situs jejaring sosial yang dapat mempromosikan website. seperti twitter, google +, linkedin, dan social bookmark

  9. Membuat Backlink
    Backlink adalah link suatu web anda yang terletak pada website lain, banyak sekali backlink gratis yang ada diluaran sana yang siap untuk mengindeks website anda.