Mengapa Wanita Terobsesi dengan Makeup?

image

seringkali saya menjumpai teman-teman wanita saya, baik di kampus maupun di kantor, memakai makeup setidaknya memakai bedak dan lipblam. Apa sebenarnya yang menjadikan wanita terobsesi dengan makeup?

image

Hasil studi di Amerika diperkirakan 44 persen wanita Amerika tidak suka meninggalkan rumah mereka tanpa make up. Penelitian menunjukkan ada dua alasan utama mengapa wanita memakai riasan:

  1. Kamuflase/penyamaran- Wanita cenderung menggunakan makeup untuk menutupi kegelisahan dan rasa tidak aman.
  2. Aktualisasi Diri - Wanita yang ingin terlihat lebih menarik cenderung menggunakan makeup untuk lebih percaya diri, mudah bergaul dan tegas.

44 persen wanita itu percaya bahwa jika mereka menunjukkan wajah mereka yang alami tanpa makeup, mereka tidak akan dapat mencapai salah satu dari hal-hal itu, dan mereka akan diperlakukan secara berbeda. Ternyata ada beberapa ilmu yang mendukung ketakutan yang membuat mereka memakai riasan setiap hari.

Hal ini dibuktikan dari Asosiasi Ilmu Psikologi bahwa orang-orang yang berpenampilan menarik akan diperlakukan dengan lebih baik di setiap bidang kehidupan, mulai dari berpacaran hingga pekerjaan hingga pengadilan kriminal.

Sumber:

https://www.scienceofpeople.com/makeup/

Kenapa Wanita Memakai Makeup?

Diperkirakan 44 persen wanita Amerika tidak suka meninggalkan rumah mereka tanpa make up. Penelitian menunjukkan ada dua alasan utama mengapa wanita memakai makeup :

1. Kamuflase - Wanita yang gelisah dan tidak aman cenderung menggunakan makeup agar terlihat.
2. Rayuan - Wanita yang ingin terlihat lebih menarik cenderung menggunakan makeup untuk lebih percaya diri, mudah bergaul dan tegas.

44 persen wanita itu percaya bahwa jika mereka menunjukkan wajah mereka yang alami dan tidak tersentuh, mereka tidak akan dapat mencapai salah satu dari hal-hal itu, dan mereka akan diperlakukan secara berbeda. Ternyata ada beberapa ilmu yang mendukung ketakutan yang membuat mereka memakai riasan setiap hari.

Wanita sejak usia muda beranggapan bahwa untuk menjadi sukses dalam segala hal, dari berkencan, wawancara kerja hingga menjalin persahabatan dengan gadis-gadis populer lainnya, mereka harus cantik, dan dasar untuk itu tidak sepenuhnya bersifat budaya. Ini mungkin tidak adil, tetapi menurut Asosiasi Ilmu Psikologi, orang-orang yang menarik diperlakukan dengan lebih baik di setiap bidang kehidupan, mulai dari berpacaran hingga pekerjaan hingga pengadilan kriminal.