Mengapa vitamin A baik untuk mata?


(Dimas Setiawan) #1

Sering sekali orang berkata vitamin A baik untuk kesehatan mata–namun jarang ada penjelasan bagaimana vitamin A berperan dalam penglihatan seseorang. Pada keadaan apa vitamin A dapat membantu penglihatan seseorang?


(DianHerbayu) #2

Selama ini orang banyak mengkonsumsi vitamin A seperti yang terkandung dalam wortel karena mereka percaya bahwa vitamin tersebut dapat membuat penglihatan membaik dan mencegah berbagai penyakit mata.

Secara umum, vitamin A memang membantu metabolisme sel yang terdapat pada lapisan paling luar retina, yang fungsinya untuk beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap. Seseorang yang kekurangan vitamin A dapat terkena xeroftalmia dimana bola mata menjadi kering, kornea mengeras dan pembengkakan kelopak. Apabila tidak diobati, xeroftalmia dapat menyebabkan kebutaan permanen.

Fungsi lain vitamin A adalah mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat merusak sel retina dan lensa. Ia juga bermanfaat sebagai pencegah katarak dan penyakit retina seperti degenerasi makula. Konsumsi vitamin A harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan yaitu 7500 mcg per hari (sesuai tingkat kebutuhan dan usia).

Sebaliknya kelebihan vitamin A dapat menyebabkan keracunanan, baik itu terjadi pada satu kali pemberian (keracunan akut) ataupun dalam jangka waktu lama (keracunan kronis). Gejala awal dari keracunan kronis adalah: rambut yang jarang dan kasar, kerontokan pada sebagian bulu mata, bibir pecah-pecah, kulit kering dan kasar, sakit kepala hebat, nyeri sendi terutama pada anak-anak. (TR)


(Muthia) #3

Sejauh pengetahuan saya, ada suatu mekanisme kerja pada retina yang membutuhkan asupan vitamin A yang baik agar bisa berjalan dengan baik, yaitu siklus rhodopsin-retinal. Rhodopsin adalah zat kimia yang berada pada retina, tepatnya di sel rod, yang peka terhadap cahaya dan membantu mata untuk melihat dalam kondisi lingkungan yang gelap.

Rhodopsin yang terkana cahaya akan terurai menjadi Bathorodopsin—dan kemudian terurai lagi terus menerus menjadi zat-zat lain.

Agar lebih singkat, pada akhirnya zat ini menjadi Metarhodopsin II yang menghantar bayangan visual ke sistem saraf pusat. Kemudian Metarhodopsin II ini akan terurai menjadi Scotopsin dan All-trans retinal, untuk menjadi “cadangan” Rhodopsin bila dibutuhkan.

Vitamin A dalam bentuk All-trans retinol dapat dikonversi menjadi All-trans retinal sehingga dapat menjadi “cadangan” Rhodopsin ketika dibutuhkan dalam lingkungan gelap. Namun waktu pengonversian dari Vitamin A menjadi Rhodopsin membutuhkan waktu yang agak lebih lama dibandingkan dengan konversi Metarhodopsin II menjadi Rhodopsin, sehingga hal ini dapat menyebabkan seseorang membutuhkan waktu yang agak lama sebelum mata “terbiasa” di tempat yang gelap. Kurangnya Vitamin A juga dapat menyebabkan Rabun Senja.

Sumber:


(Rahadyan Nandiwardhana) #4

Mengapa vitamin A baik untuk mata? Soalnya kandungan dari vitamin A sangat baik untuk mata, berikut yang saya kutip dari internet :

i) Sumber pertama

Secara umum, vitamin A memang membantu metabolisme sel yang terdapat pada lapisan paling luar retina, yang fungsinya untuk beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap. Fungsi lain vitamin A adalah mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat merusak sel retina dan lensa. Ia juga bermanfaat sebagai pencegah katarak dan penyakit retina seperti degenerasi makula. Konsumsi vitamin A harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan yaitu 7500 mcg per hari (sesuai tingkat kebutuhan dan usia).

sumber : http://www.optikmelawai.com/kesehatan-mata/hubungan-vitamin-a-terhadap-kesehatan-mata.html

ii) Sumber Kedua

Vitamin A adaah salah satu jenis vitamin larut dalam lemak yang berperan penting dalam pembentukan sistem penglihatan yang baik. Terdapat beberapa senyawa yang digolongkan ke dalam kelompok vitamin A, antara lain retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Akan tetapi, istilah vitamin A seringkali merujuk pada senyawa retinol dibandingkan dengan senyawa lain karena senyawa inilah yang paling banyak berperan aktif di dalam tubuh.Vitamin A banyak ditemukan pada wortel, minyak ikan, susu, keju, dan hati.

Sumber https://caramengobatisakitmata.blogspot.co.id/2014/12/vitamin-untuk-mata-minus-rabun-jauh-dan.html

Oiya, berikut juga beberapa makanan yang mengandung banyak vitamin A :

  1. Wortel
    Tentu, wortel berada di daftar paling atas makanan terbaik untuk kesehatan mata. Wortel merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A dan beta-karoten yang meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan. Selain itu, wortel kaya akan serat dan kalium (potassium) yang juga bagus untuk kesehatan mata. Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan yang tepat dalam tubuh dan serat membantu menjaga sistem pencernaan Anda secara efisien. Wortel juga tinggi falcarinol, suatu zat yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

  2. Salmon
    Minyak ikan salmon, sarden, herring, makarel, dan halibut merupakan sumber yang sangat baik dari omega-3 asam lemak yang penting untuk kesehatan mata. Makan salmon secara teratur mengurangi risko degenerasi makula sebesar 38% dan membantu mengobati penyakit mata kering. Salmon juga merupakan sumber terbaik dari vitamin D yang membantu meningkatkan kesehatan mata, kesehatan jantung, dan memainkan peranan penting dalam pertumbuhan tulang yang sehat. Asam lemak omega-3 dalam ikan salmon juga membantu mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, dan mencegah penyakit lambat dan Alzheimer. Dianjurkan untuk makan salmon setidaknya dua kali seminggu.

  3. Sayuran hijau
    Kale, bayam, lobak, sawi, dan sayuran hijau lainnya mengandung dua antioksidan kuat yakni zeaxanthin dan lutein yang disimpan dalam makula. Makula adalah bagian kecil dari retina yang bertindak sebagai tabir surya yang sangat alami, melindungi mata Anda dari sinar berbahaya. Antioksidan dalam sayuran hijau menyerap cahaya biru yang sangat berbahaya bagi retina. Selain itu, dapat mendeteksi kontras yang lebih baik dan meningkatkan penglihatan. Banyak penelitian telah menemukan bahwa zeaxanthin dan lutein menurunkan risiko penyakit mata kronis, seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia.

  4. Jagung
    Salah satu sayuran yang paling lezat dan serbaguna adalah jagung kuning yang kaya akan zeaxanthin dan lutein, antioksidan kuat yang baik untuk mata. Setengah cangkir jagung yang dimasak mengandung 1,8 gram pigmen. Mengonsumsi jagung secara teratur menurunkan risiko katarak dan membantu mencegah hilangnya pigmen kuning di mata. Jagung juga diperkaya dengan vitamin C, vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B1 (thiamin) dan folat. Selain itu, jagung adalah sumber fantastis magnesium, fosfor, besi, tembaga, mangan, seng, dan antioksidan yang membantu tubuh memerangi penyebab kanker radikal bebas. Karena kandungan serat yang tinggi, jagung membantu mencegah wasir, menurunkan risiko kanker usus besar, diabetes, masalah jantung, serta membantu menurunkan berat badan.

5.Alpukat
Dalam alpukat, terkandung lutein. Zat ini, pada mata, terdapat pada area kecil di retina. Dengan adanya lutein ini maka mata dapat fokus dalam menangkap obyek sehingga penglihatan dapat jelas.

6.Coklat Hitam
Cokelat hitam termasuk makanan yang banyak mengandung antioksidan yang mampu menjaga kesehatan kornea. Namun untuk makanan ini, hindari konsumsi produk coklat hitam yang mengandung gula tinggi.

7.Sayuran Hijau
Pada sayuran hijau terkandung klorofil, suatu zat yang bersifat antioksidan. Selain itu, sayuran hijau jaga kaya akan kalsium, vitamin C, vitamin K dan zat besi. Nutrisi tersebut sangat baik utnuk kesehatan mata.

8.Bawang Merah
Bawang merah merupakan bumbu dapur yang kaya akan belerang. Zat ini merupakan unsur penting dalam sintesis glutathion yang berfungsi melindungi lensa mata.

9.Bit merah
Kandunga bit merah mirip dengan wortel, antioksidannya mampu mencegah katarak. Selain itu bit merah juga banyak mengandung besi yang bagus untuk meningkatkan kesehatan mata.

  1. Anggur
    Anggur merupakan buah yang kaya akan flavonoid. Zat ini akan membuat kornea mata tetap terjaga kesehatannya.

  2. Telur
    Pada kuning telur terdapat 2 zat penting untuk kesehatan mata, yaitu sulfur dan sistein.

Sumber : https://caramengobatisakitmata.blogspot.co.id/2014/12/vitamin-untuk-mata-minus-rabun-jauh-dan.html

Nah daftar makanan diatas bisa meningkatkan daya penglihatan anda, tertarik mencoba ga? Hehehe