Mengapa Tingkat Kriminalitas Jepang Terendah di Dunia?


(Wina Prinda Hapsari) #1

Sumber gambar : socialventurepartners.org

Jepang memegang rekor sebagai negara teraman di planet ini. Faktanya, tingkat kriminalitas di Jepang tetap rendah dalam 60 tahun terakhir.

Dalam kasus penyerangan menggunakan pisau yang menewaskan 19 orang, merupakan sebuah pembunuhan massal terbesar dalam sejarah Jepang.

Tragedi tersebut mengejutkan negara itu. Faktanya, tingkat kriminalitas di Jepang tetap rendah dalam 60 tahun terakhir. Jepang memegang rekor sebagai negara teraman di planet ini.

Penelitian menunjukkan sejumlah faktor yang membuktikan tingkat kriminalitas rendah di Jepang. Hal tersebut adalah karena budaya dan anti-kekerasan. Kemarahan dan agresi memalukan di tengah masyarakat Jepang.

Sejumlah ahli mengatakan bahwa tradisi tersebut menguat sejak setelah Perang Dunia II, ketika Jepang kembali bangkit dari keterpurukan mereka pasca bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.

Jepang juga mengatur penggunaan atau kepemilikan senjata api. Hanya satu dari 175 rumah tangga yang memiliki senjata api. Dibandingkan dengan Amerika yang memiliki satu dari tiga. Kepemilikan senjata api dilindungi oleh
regulasi yang kuat. Memberi senjata api di Jepang, latar belakang dan keamanan Anda akan diperiksa setiap tiga tahun.

Tingkat kriminalitas dihindari dengan sistem legal yang efisien. Faktanya, polisi Jepang menyelesaikan 98 persen kasus kriminal dan 99 persen pelakunya dibawa ke pengadilan.

DIbandingkan dengan negara-negara lain, Jepang memiliki tingkat pengangguran dan penggunaan obat-obatan terendah.

Penggabungan semua faktor tersebut membuat Jepang menjadi negara teraman di dunia.

Sumber :
Discovery News
Nationalgeographic