© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Mengapa Telapak Tangan selalu berkeringat?

Penyebab telapak tangan berkeringat bisa sangat beragam. Beberapa orang sering mengaitkan telapak tangan yang berkeringat dengan gangguan organ dalam seperti jantung dan paru-paru. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, mengingat aktivitas jantung yang terlampau berat juga memicu kelenjar keringat untuk memproduksi keringat berlebih.

Penyebab telapak tangan berkeringat bisa sangat beragam. Beberapa orang sering mengaitkan telapak tangan yang berkeringat dengan gangguan organ dalam seperti jantung dan paru-paru. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, mengingat aktifitas jantung yang terlampau berat juga memicu kelenjar keringat untuk memproduksi keringat berlebih.

Normalnya, tubuh manusia memproduksi keringat sebanyak 50 cc setiap jam. jumlah ini bisa berubah seiring beberapa faktor. Beberapa penyebab produksi keringat yang “tidak normal” diantaranya adalah faktor keturunan, kegemukan, suhu lingkungan, gangguan pada ginjal, kelembapan udara hingga aktifitas metabolisme tubuh yang lebih keras dari biasanya. Ada satu lagi penyebab yang paling banyak dijumpai, yaitu kondisi emosional seseorang.

Gangguan emosional yang dimaksud contohnya adalah stress, ketakutan yang berlebih hingga rasa cemas. Misalnya saat kita sedang ujian dan tidak bisa mengerjakan soal. Biasanya rasa cemas yang muncul di saat seperti itu berpengaruh pada fisik kita, mulai dari keringat dingin, pusing hingga perut mulas.

Setelah mengerti berbagai penyebab telapak tangan yang berkeringat, sekarang kamu bisa coba koreksi ke diri sendiri. Apakah ada faktor keturunan, berat badan yang berlebih atau malah kamu sedang stress. Untuk masalah-masalah yang tidak mungkin diatasi seperti faktor keturunan, ada baiknya kamu mulai memikirkan alternatif solusi akan keringat ini. Misalnya selalu membawa sapu tangan di saku atau dengan bedak khusus.