Mengapa tanaman kangkung tidak dapat tumbuh besar?


Pada umumnya kangkung pada 30 HST (Hari Setelah Tanam) sudah dapat dipanen, namun kangkung yang saya tanam sudah mencapai 30 HST kondisi tanaman kangkung masih dengan daun yang kecil dan tidak terlalu besar. Kira-kira apa yang mempengaruhi hal tersebut?

3 Likes

Izim ingin mencoba menjawab.
Jika salah mohon dikoreksi.

Mengapa tanan kangkung tidak tumbuh besar?

Ada berbagai penyebab kangkung tidak besar/ tidak subur, antara lain sebagai berikut:

Faktor ekstetnal
Faktor eksternal yakini faktor yg berasal dari lingkungan tumbuh kangkung tersebut. Faktor ini meliputi: air, cahaya, kelembaban, suhu, tanah(media tumbuh) dan nutrisi.

Berdasarkan pengalaman saya menanam kangkung membuat kangkung tidak tumbuh besar pertama karena kekurangan cahaya ciri cirinya batang kangkung kecil dan warna batang cendrung hijau keputihan. Kemudian juga tanaman kangkung juga lebih menyukai kondisi tanah yg lembab agar lebih tumbuh subur. Dan yang paling penting adalah nutrisi yg terkandung pada tanah juga harus mencukupi.

4 Likes

Terimakasih banyak atas informasinya kak @sarman :wink:

Melihat dari penjelasan kakak, lokasi tanaman kangkung saya sebenarnya ditempat yang panas namun ada beberapa pelindung tanaman besar diatasnya. Saya fikir itu yang mempengaruhinya, namun kemarin sudah sempat saya panen meskipun daunnya masih kecil-kecil.

Namun saat ini saya mencoba menanam kembali dengan lebih memperhatikan jarak tanam dan cahaya.

Terimakasih banyak ya kak informasinya :wink:

2 Likes

Izin menjawab juga yaa tetapi sebelumnya mohon maaf kalau ada kekurangan…
Sebenarnya jawaban dari Kak Sarman sudah sangat lengkap, saya hanya ingin menambahkan saja jadi saya pernah melakukan penelitan pertumbuhan tanaman saat kuliah offline dan salah satu hasilnya yaitu kecilnya ukuran daun menandakan bahwa cahaya yang didapat kurang kak, batang yang lemas juga menandakan kurangnya cahaya jadi sepertinya alangkah lebih baiknya tanaman kaka dipindahkan ke area yang lebih banyak terkena cahaya😊

2 Likes

Izin bertanya kak, saya sering nanam kangkung di halaman parkiran kosan dengan media tanam botol bekas dan air kak, tetapi kangkung saya sering busuk di batang kak, kira2 apa ya kak penyebabnya?

2 Likes

Kalo menurut aku sih gara gara kurang sinar matahari mungkin. Nutrisinya juga mungkin bagaimana mana kadar ppmnya yang baik buat tanaman

1 Like