Mengapa tanaman hias saya masih segar padahal hanya diletakkan dalam wadah yang berisi air?

Pada umumnya tanaman akan tumbuh segar jika ditanam didalam tanah, karena nutrisinya tercukupi.
Jadi apa yang mendukung perkembangan tanaman tersebut sehingga tetap segar meski tak di tanaman dalam tanah dan tidak diberikan perlakuan khusus?

1 Like

Izin mencoba menjawab, setau pemahaman saya, media tanam yang digunakan pada tanaman tidak hanya tanah, melainkan ada beberapa media lainnya seperti air, sabut kelapa, arang, dan lain-lain tergnatung tanaman jenis apa yang cocok dengan media tanam tersebut. Ada tanaman yang hanya cukup diletakkan di dalam air dan sudah tercukupi nutrisi serta pertumbuhan dan perkembangannya seperti kala air atau kalalili, tanaman merambat sirih gading, eceng gongok, dan masih banyak lagi. Juga ada beberapa ciri-ciri tanaman yang cocok jika hanya di letakkan dalam air seperti:

  1. Kutikula tipis. Cuticles terutama mencegah kehilangan air, sehingga sebagian besar hydrophytes tidak perlu untuk cuticles.
  2. Stomata yang terbuka kebanyakan waktu karena air yang melimpah dan karena itu tidak perlu untuk terlebih dahulu disimpan dalam tanaman. Ini berarti bahwa sel penjaga stomata pada umumnya tidak aktif.
  3. Peningkatan jumlah stomata, yang dapat di salah satu sisi daun.
  4. Sturktur yang Kurang kaku jadi tekanan air mendukung mereka.
  5. daun yang tipis dan lebar pada permukaan tanaman untuk pengapungan.
  6. Udara sacs untuk pengapungan.
  7. Kecil akar: air dapat tersebar langsung ke daun.
  8. Akar ringan: tidak perlu untuk mendukung tanaman.
  9. Khusus akar dapat mengambil oksigen dalam.
    Mungkin jenis tanaman hias anda terdapat ciri-ciri tersebut.
    Mohon maaf jika ada kesalahan.

sumber ciri-ciri tanaman air

1 Like

Karena tanaman merupakan mesin biologis, yg bisa membuat makanannya sendiri, jadi walaupun medianya hanya air tanpa pupuk, asal dia bisa berfotosintesis tanaman akan tetap segar

Semua tanaman akan tumbuh dengan segar jikalau media tanamnya sesuai😌 meskipun hanya dengan air saja sekalipun. Selain itu juga faktor penyinaran dan kelembapan yang sesuai😊