Mengapa tanaman cabai bisa menguning daunnya pada masa pertumbuhan?

penyiraman dilakukan selama 2 kali dalam sehari, tanaman menggunakan pupuk organik

lalu faktor apakah yang menyebabkan hal itu terjadi?

1 Like

Izin mencoba menjawab ya kak…
Umumnya peristiwa menguning pada daun cabai disebabkan dari defisit atau kekurangan unsur hara tertentu dan faktor penyiraman.
Sesuai dengan informasi yang kaka berikan, jika penyiraman sudah dilakukan selama 2 kali dalam hari maka dapat dikatakan tanaman cabai kaka sudah memiliki kandungan air yang cukup sehingga menguningnya daun cabai bisa disebabkan dari kurangnya unsur hara seperti Unsur Nitrogen, Unsur Zn, Unsur Kalsium, Kalium, dan Magnesium. Meskipun sudah menggunakan pupuk organik, tetapi tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan unsur hara tsb kak, mungkin saja terdapat salah satu unsur yang tidak ada atau unsur2 tsb kurang presentase nya dalam pupuk yang kaka gunakan.

Selain kedua alasan tersebut, menguningnya daun cabai juga bisa disebabkan dari virus gemini atau sering juga disebut virus kuning yang bisa dibawa dari benih atau biji dan ditularkan oleh kutu. Untuk menaikan daya tahan tanaman cabai terhadap serangan virus kuning, bisa dengan penggunaan pupuk organik cair yg mengandung unsur hara makro dan mikro lengkap agar lebih tahan terhadap patogen.

3 Likes
  1. Adanya Serangan Hama

Ada banyak jenis hama yang bisa menyebabkan kuiningnya daun tanaman cabe seperti halnya masalah mengapa hama tanman harus dibasmi. Hama yang ada pada tanaman cabe seperti tungau, kutu daun maupun thirps akan menyebabkan masalah menguning pada daun ini. Bahkan tidak hanya hama, serangan penyakit tertentu pada tanaman cabe juga bisa menghasilkan masalah tersebut.

Biasanya jenis virus kuning yang menyerang bagian daun tanaman cabe ini juga akan menyerang beragam jenis tanman budidaya lainnya seperti tomat, cabai maupun terong hingga kacang panjang. Gejala awal yang menyatakan masalah serangan virus tersebut adalah perubahan bentuk daun dan adanya bercak kuning.

  1. Kebanyakan Air

Bahkan, jika kita melakukan penyiraman yang dilakukan secara berlebihan, maka ini juga akan berdampak pada pembusukan daun hingga membuatnya menjadi menguning. Hal ini disebabkan adanya pembusukan akibat terlalu banyak air yang tersimpan dan emmbuat tanman menjadi layu bahkan berpotensi menjadi kematian.

  1. Minim Cahaya Matahari

Jika tanman menjadi minim cahaya matahari maka akan berdampak etiolasi atau pemanjangan batang lebih dari pada umumnya. Kemudian daun juga kan menjaid menguning dan pucat. Karena sinar matahari akan membantu dalam pembentukan zat makanan dari klorofil atau zat hijau daun.

Biasanya masalah ini kerap terjadi pada saat penanaman dan pembibitan tanaman cabe. Karena biasanya, orang-orang akan meletakkan bibit tanaman cabe di tempat yang lebih teduh, hanya saja jika tidak terkena sinar matahari sama sekali pertumbuhannya juga akan terganggu.

  1. Kurang Unsur Hara

Banyaknya jenis unsur hara penting yang akan menopang pertumbuhan tanaman cabe juga akan memberikan dampak seperti daun yang menguning. Berikut ciri-ciri tentang daun tanaman cabe yang menguning sesuai dengan jenis zat hara yang kurang, yakni:

  • Kalium : Jika hanya pada bagian ujung atau tepi-tepi daun saja yang menguning, maka kemungkinan besar zat yang kurang pada tanman tersebut adalah kalium. Mengatasinya hanya dnegan cara menambahkan kembali pupuk yang kaya akan kandungan kalium.
  • Nitrogen : Jika bagian daun yang menguning adalah daerah tulang dan tepu ujung daun, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah kekurangan nitrogen. Jadi, solusinya adalah dengan menggunakan pupuk yang kaya akan nitrogen.
  • Kekurangan kalsium : Ini tidak hanya membuat daun tanaman cabe menjadi kuning namun berubahnya bentuk dari daun hingga terlihat abnormal.
  • Kekurangan Zinc : Ini juga akan menyebabkan daun menjadi kuning dan bahkan warnanya akan berubah menjadi lebih cerah pada bagian di dekat tulang daun.
  • Kekurangan zat besi : Ini akan menyebabkan daun menjadi kuning hanya saja bagian tulang daun masih hijau.
  • Kekurangan Magnesium : Magnesium adalah zat penting yang akan menyebabkan masalah garis putih untuk disepanjang tulang darun beserta adanya daun yang menguning.
3 Likes