Mengapa suku Rikbaktsa bertelinga kayu?

Tahukah kalian? Terdapat suku yang bernama Rikbaktsa berada di brazil dekat dengan hutan amazon . Suku tersebut memiliki keunikan dari para laki-laki dewasa disana, wajib memakai kepingan kayu yang dimasukkan ke daun telingan hingga memanjang. Para laki-laki yang sudah menginjak umur 15 tahun, mereka wajib untuk melakukan hal itu. Bagaimana menurut kalian? Mengapa manusia hutan amazon bertelinga kayu?

dari sumber yang saya dapatkan, pria Suku Rikbaktsa dengan telinga yang seperti itu, dianggap sudah dewasa dan layak untuk menikah. Malah makin besar lubangnya, maka makin terhormatlah dia.

Biasanya, pria-pria Suku Rikbaktsa sudah melubangi telinganya di usia 14-15 tahun. Terlebih, jika sudah bisa ikut berburu dan mendapat hasil buruan. Prosesnya, daun telina di kiri dan kanan dilubangi seperti ditindik terlebih dulu. Kemudian dimasukan potongan kayu yang bentuknya bulat dengan ukuran kecil. Seiring berjalan waktu, potongan kayunya akan diganti dengan ukuran yang lebih besar.

Karena memakai potongan kayu itulah, mereka dijuluki telinga kayu. Walau terasa berat, tapi tidak menghalangi aktivitas mereka sehari. Mereka tetap masuk ke dalam hutan untuk berburu dan beraktivitas seperti biasa.

Namun sayang, tradisi tersebut terancam punah. Fakta menjelaskan, anak-anak muda Suku Rikbaktsa tidak lagi dan menolak tradisi itu. Kebanyakan dari mereka juga bertransmigrasi ke daerah lain, seperti ke Kota Porto Velho dan Brasilia, ibukota negara Brasil.

sumber