Mengapa Sukarno gemar memakai jas dalam kehidupannya selama menjadi presiden?

Sukarno merupakan presiden pertama di Indonesia dimana ia adalah salah satu tokoh yang memiliki ciri yang kuat dengan beberapa ciri khas dimilikinya. Dalam hal ini, mengapa sukarno gemar memakai jas dalam kehidupanya sehari-hari pada waktu itu?

1 Like

Menurut saya Ir.Soekarno yang seorang Presiden dan Panglima Besar mengharuskan dirinya untuk menggunakan seragam agar terlihat baik dimata rakyatnya. Seperti hasil dialog beliau dengan Adams,

“…aku memakai seragam oleh karena aku Panglima Tertinggi. Rakyatku sudah begitu lama dijajah Belanda. Mereka telah dijadikan koloni selama ratusan tahun. Mereka sudah lama diperbudak. Setelah kemerdekaan aku proklamirkan, aku harus bisa memberikan mereka sebuah citra…suatu kebanggaan. Maka aku selalu memakai seragam"

Seperti yang dikatakan beliau, begitulah cara beliau memberikan semangat kepada rakyat Indonesia. Memberikan harapan bahwa setelah bangsa Indonesia dijajah sekian lama oleh bangsa lain, kita sebagai rakyat Indoensia tidak boleh patah semangat, dan kehilangan wibawa bangsa. Hal ini pula yang menjadikan Ir. Soekarno Presiden yang sangat disegani oleh berbagai negara lainnya. Kepintaran berbahasa dan wibawa yang ditampilkannya dalam berbusana, membuat Soekarno menjadi salah satu Presiden Eksentrik dari Indonesia.

Sehingga sebagai generasi muda di Indonesia, alangkah baiknya jika kita mencontoh Ir.Soekarno yang sangat menjaga wibawa Negara Indonesia melalui cara berbusananya.

Sumber percakapan Ir.Soekarno

https://news.okezone.com/read/2016/10/15/337/1515737/news-story-kenapa-soekarno-gemar-memakai-jas-bergaya-militer