© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Mengapa skill orientasi pelanggan dibutuhkan dalam dunia bisnis?

Berikan pendapat Anda mengenai pentingnya skill orientasi pelanggan dalam dunia bisnis beserta pengaruh yang diberikan terhadap perusahaan.

1 Like

Dunia bisnis mengalami perubahan yang sangat signifikan dewasa ini, bagaimana bisnis melihat pelanggan juga mengalami perubahan yang drastis.

Menurut Kotler, Professor pada International Marketing at Kellogg School of Management, menjelaskan tentang evolusi pemasaran dan pengaruh pelanggan pada bisnis.

Fokus pemasaran telah mengalami perubahan, mulai dari fokus terhadap pasar yang luas berubah menjadi fokus pada pasar yang tersegmentasi (market segments). Saat ini pemasaran lebih terfokus pada hubungan pelanggan secara individu (one-to-one customer relations).

Pemasaran saat ini telah berubah dari berorientasi terhadap transaksi (transaction-orientation) menjadi berorientasi terhadap membangun hubungan dengan pelanggan (customer-relationship-building orientation).

Menurut Drucher, pada artikel Marketing Redefined, "There is only one valid definition of business purpose: to create a customer … It is the customer who determines what the business is"

Untuk lebih sederhananya, Clancy, “Marketing is making sure you make the stuff customers want

Oleh karena betapa bergantungnya bisnis terhadap pelanggan saat ini, maka, seorang pegawai dengan kemampuan untuk mampu membaca dan menganalisa kebutuhan pelanggan merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipunyai oleh sebuah perusahaan.

Permasalahan lainnya adalah bagaimana kita dapat mengetahui apa saja kebutuhan pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan melibatkan pelanggan dalam mengembangkan bisnis kita. Salah satu teori yang paling populer adalah dengan menggunakan pendekatan user center design.

Tingkatan selanjutnya adalah bagaimana kita bisa mengetahui kebutuhan pelanggan sedangkan pelanggan sendiri tidak mengetahui kebutuhan mereka. Kemampuan ber-inovasi dan ber-kreasi-lah yang berperan sangat penting untuk menjawab permasalahn tersebut.