Mengapa sistem informasi sangat dibutuhkan?

Sistem dapat diartikan sebagai suatu kesatuan dari orang yang saling beraktivitas atau bekerja dengan aturan yang sistematis dan terstruktur serta menjalankan fungsi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sementara arti dari informasi adalah sejumlah data yang telah diolah dan memiliki kegunaan untuk suatu tujuan tertentu.

  1. Meningkatkan Pengambilan Keputusan
    Dalam pengambilan keputusan, suatu perusahaan akan lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama dengan adanya sistem informasi. Dengan menggunakan sistem informasi suatu perusahaan dapat mengembangkan rencana strategis dan membuat pilihan terbaik ketika sampai pada langkah selanjutnya.

  2. Organisir Data
    Dengan sistem informasi yang baik, perusahaan akan terorganisir dengan baik, menghasilkan solusi cepat dan membuat keputusan lebih cepat dalam situasi apapun. Karyawan akan mengelola semua informasi mereka dan memperbaiki proses bisnis mereka. Informasi akan disimpan dalam database yang terdiri dari data yang telah terdaftar.

  3. Menghindari Krisis
    Dahulu, perusahaan tidak bisa menganalisa pasar saham dan organisasinya pada level tertinggi, yang mengakibatkan krisis bisnis yang dahsyat. Dengan menggunakan sistem informasi berkualitas tinggi, perusahaan dapat menganalisis saham dan melihat kinerja masa lalu mereka untuk memprediksi potensi krisis.

  4. Sistem informasi membantu kita melihat lebih jauh dan melihat apa yang terjadi sekarang atau bahkan beberapa bulan kedepan.

Karena sistem informasi dapat membuat seseorang mengambil keputusan dengan tepat dan cepat, meningkatkan hasil kreasi yang dihasilkan dengan menghasilkan strategi baru bagi organisasi atau perusahaan dalam meningkatkan hasil kreasi agar tidak kalah saing dengan organisasi/perusahaan lain, menyediakan informasi sebagai sarana dalam perencanaan, pengendalian,pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan. Selain itu sistem informasi dapat memudahkan pengelolaan data mentah untuk menjadi informasi.
peran-sistem-informasi

Sistem informasi dapat didefinisikan sebagai suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiridari komponen-komponen dalam organisasi untuk mencapai tujuan dan menyajikan informasi.Sistem Informasi diperlukan karena :

  1. Sebagai Pedoman dalam pengambilan keputusanHal ini merupakan tujuan utama dalam system informasi, yakni melahirkan informasiyang berguna dalam pengambilan keputusan.

  2. Penciptaan dan penguasaan informasi secara cepat dan akuratKunci keberhasilan perusahaan adalah penciptaan dan penguasaan informasi secaracepat dan akurat. Untuk menciptakan dan penguasaan informasi secara cepat danakurat, maka dibutuhkan lah system informasi.

  3. Meningkatkan hasil kreasi terhadap yang dihasilkanMaksudnya dengan adanya system informasi, maka akan menghasilkan strategi barubagi organisasi atau perusahaan dalam meningkatkan hasil kreasi agar tidak kalah saingdengan organisasi/perusahaan lain.

  4. Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian,pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.Agar tujuan dari perusahaan/organisasi sesuai dengan yang diharapkan, maka disinisystem informasi berfungsi untuk sebagai sarana dalam perencanaan, pengendalian,pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.

  5. Memudahkan pengelolaan data mentah untuk menjadi informasiKemampuan manusia untuk mengelola data mentah tidak sama antara satu sama lain.Untuk itu dibutuhkanlah keseragaman dengan menggunakan system informasi yangakan memudahkan pengguna dalam mengelola data mentah.