Mengapa sinyal wifi sangatlah mudah terpengaruh?

Berpengaruh yang dimaksud disini yaitu hal apa yang menyebabkan jaringan wifi berbeda ketika melewati tembok dengan yang tidak melewati, meskipun jarak antara wifi tersebut terhadap receiver sama, tetapi sinyal yang didapat sungguh sangat berbeda.

Mengapa sinyal wifi sangatlah mudah terpengaruh?

Apabila ada sebuah air disemprotkan ke tembok yang tipis maka air tersebut akan terpantul dan sebagaian akan diserap, sama halnya dengan jaringan yang apabila melewati banyak tembok, signal dari jaringan tersebut juga akan berkurang karena jaringan juga memerlurkan jalan untuk mencapai batas tertentu.

Walaupun data yang dikirimkan melalui Wi-Fi bersifat digital, sinyal Wi-Fi sebenarnya menggunakan gelombang radio analog. Gelombang jenis ini sangat memungkinkan terjadinya interferensi gelombang, sama hal nya dengan radio yang terdapat didalam mobil. Contohnya bila mobil berada pada tempat parkir bertingkat atau berada pada terowongan, sinyal radio tersebut akan melemah. Pada radio, hal ini akan menyebabkan adanya suara yang mengganggu sampai menyebabkan stasiun radio tadi mati. Hal tersebut terjadi pula pada Wi-Fi.

Wifi merupakan sebuah teknologi yang sudah menggunakan sistem tanpa kabel / wireless. Memang, teknologi tersebut sudah sangat berkembang dan maju dengan pesat. Tetapi, bukan berarti yang namanya wireless itu bisa selamanya memancarkan sinyal dengan bebas. Berbeda dari jenis wireless lainnya seperti sinyal pada hp, radio, dll. Sinyal wifi sangatlah sensitif terhadap hambatan-hambatan sekitar termasuk hambatan dari tembok, karena tembok sendiri merupakan material yang padat dan sulit dilewati oleh sinyal wifi itu sendiri. Bukan berarti sinyal wifi tidak bisa lewat, hanya saja tidak dapat berjalan secara maksimal.