Mengapa Singa Hanya Ada di Afrika?

singa di afrika

Dulu singa hidup di Afrika, Eropa, dan Asia. Tetapi sekarang, mengapa singa hanya ditemukan di Afrika?

Hanya di Afrika
Singa (Panthera leo) adalah kucing terbesar yang hidup di Afrika. Mamalia ini hidup dalam kelompok. Dulu singa tinggal di Afrika, Eropa, dan Asia. Namun populasi singa saat ini hanya berada di sub-Sahara Afrika. Hal ini terjadi karena perburuan liar untuk mengambil kuit singa. Habitat singa adalah daerah hutan terbuka, semak belukar, dan padang rumput.

Hewan Karnivora
Singa adalah hewan karnivora atau pemakan daging. Singa memiliki rahang yang kuat untuk menggigit kuat-kuat mangsanya. Gigi-giginya yang tajam sebanyak 30 gigi dengan 4 gigi taring berfungsi untuk menggigit dan merobek tubuhn mangsanya.
Singa memiliki cakar besar dan tajam yang membantu singa berlari dan memanjat.

Betina yang Berburu
Dalam kelompok singa, singa betina bertugas mencari makan. Singa betina bekerja sama untuk memburu dan menangkap mangsanya. Setelah hewan buruan tertangkap, pertama yang menikmati adalah singa jantan, lalu singa betina dewasa, setelah itu anak-anaknya.

Hidup Berkelompok
Satu kelompok singa biasanya terdiri dari 1 singa jantan, 5 hingga 15 singa betina bersama anak-anaknya. Singa jantan adalah pemimpin kelompok. Ia sering berkeliling mengawasi kelompoknya. Singa jantan mempertahankan kelompok dari berbagai ancaman. Tetapi, singa jantan juga terancam oleh singa jantan lain yang lebih kuat.

Perkembangbiakan
Singa betina hamil selama empat bulan, lalu melahirkan satu sampai enam ekor bayi singa. Bulu bayi singa ditutupi oleh bintik-bintik gelap yang membantu menyamarkan diri dengan sarangnya agar terlindungi saat induk mereka berburu.
Kematian anak singa terjadi akibat dari serangan hewan lain atau kelaparan. Dalam kelompok singa, singa betina lain dalam kelompok tersebut akan membantu merawat anak singa yang baru lahir. Anak singa menyusu pada induknya sekitar enam bulan. Singa aktif berburu pada usia satu tahun. Anak singa mulai makan daging setelah berusia 12 minggu atau lebih.

Terancam Punah
Singa adalah predator paling dominan di lingkungan. Kelompok hyena sering menyerang singa dan merampas daging buruan singa. Namun, ancaman terbesar bagi singa adalah manusia yang memburu mereka.
Singa terdaftar oleh IUCN sebagai hewan yang rentan dari kepunahan di alam liar. Faktor utama dari penurunan populasi singa adalah perburuan serta hilangnya habitat asli singa akibat pembukaan hutan untuk lahan pertanian dan pemukiman. Selain itu, penurunan populasi singa juga disebabkan oleh penyakit menular dari hyena dan anjing liar.

sumber : http://bobo.grid.id/Sains/Flora-Dan-Fauna/Mengapa-Singa-Hanya-Ada-Di-Afrika?page=3