Mengapa sifat proaktif sangat penting didalam kepemimpinan ?

kepemimpinan

(Muhammad Rifqi) #1

Bersikap proaktif

Bersikap proaktif berarti kita dapat bertanggung jawab atas perilaku apa yang kita buat dimanapun dan kapanpun kita berada. Bersikap proaktif juga bisa membuat sebuah pilihan yang berdasarkan prinsip serta nilai-nilai yang berlaku di masyarakat. Dengan mengubah diri kita menjadi proaktif tentu berarti kita harus mengubah kebiasaan diri dari sikap reaktif.

Apa hubunganya dengan reaktif ?

Reaktif adalah kebalikanya dari proaktif yaitu ibarat sebuah binatang jika kalian pukul hanya memiliki dua pilihan, yaitu takut atau marah . Sederhananya , bila seseorang selalu menjadi marah kalau dihina, maka orang tersebut dikatakan “reaktif” karena selalu memberikan tanggapan yang sama terhadap suatu rangsangan.

Seorang pemimpin yang proaktif pasti punya sebuah tujuan yang jelas dan harus memiliki pengaruh besar dilingkungan sekitar kita. Harus dapat memengaruhi lingkungan. Bukan malah sebaliknya lingkungan yang memengaruhi dia.

Pemimpin yang proaktif selalu ada rencana cadangan. pemimpin yang baik membuat seorang pemimpin tidak mudah goyang dalam menghadapi tantangan untuk mencapai tujuan yang telah dirancang dan yang ditelah di sepakati.

Selain itu kita harus mempunyai ciri ciri sebagai pemimpin yang proaktif yaitu :

  1. Dapat menilai positif orang orang baru, gagasan, kultur manajemen baru, sistem sosial, struktur sosial, dan teknologi. Selalu mengubah situasi kearah yang lebih baik, maju, dan menguntungkan untuk lembaganya yang menururtnya jika lembaga itu beruntung maka berarti untuk bagi dirinya

  2. Dapat menganggap orang baru sebagi kawan untuk membantunya memimpin. Berusaha mencapai kemajuan dengan hal yang baru

  3. Dapat menganggap figur artinya pemimpin yang proaktif mau dah rela membagi pengalamanya , wawasanya ke orang-orang baru dan berusaha memecahkan masalah yang kita hadapi , lembaganya secara bersama sama .

  4. Dapat Belajar dari orang orang disekelilingnya, belajar dari kompetitornya, mau berdiskusi dengan sesama , dan berusaha mencari kesejahteraan untuk bersama.

Itulah yang menganggap bahwa sikap proaktif sangat penting, karena sikap ini adalah sikap yang wajib ditemukan pada diri seorang pemimpin. Tentunya kalian bisa mengetahui jika kebalikanya (reaktif). Dengan sikap ini, seorang pemimpin akan dapat bertanggung jawab dan dapat memecahkan sebuah masalah dengan bijaksana dan tepat tentunya memiliki keteladanan hidup yang positif.

Bagaimana menurut anda ?

Referensi