Mengapa Seseorang Sulit Menyadari Kelebihannya?

image

Berapa lama kalian menyadari bahwa kalian memiliki potensi di suatu aktivitas atau bidang tertentu? Berdasarkan pengalaman pribadi juga orang-orang terdekat saya, mereka justru lebih mudah mendiskriminasi diri sendiri di awal dengan mengatakan bahwa dirinya tidak mampu. Beberapa orang juga lebih tanggap ketika berkaitan dengan kekurangan diri. Mereka dengan lihai menyebutkan bahwa dirinya tidak bisa melakukan A, B, C dan seterusnya.

Namun, ketika dihadapkan pada kelebihan diri, beberapa orang justru bingung menemukan potensi dari dalam dirinya. Saya sangsi apakah memang mereka belum mengetahui kelebihannya atau hanya mengelak saja karena kelebihan dirinya dianggap biasa saja dan tidak bisa diistimewakan? Bagaimana menurut kalian? Benarkah seseorang sulit menyadari kelebihannya?

Karena kerap kali seseorang selalu menganggap bahwa dirinya tidak memiliki kelebihan dan tidak ingin mengasah kemampuan tersebut sehingga, menganggap bahwa dirinya harus mencari kelebihan dengan cara mencoba semua hal tanpa memperdalam salah satu kelebihan tersebut. Tidak dapat dipungkiri juga, jika kebanyakan orang lebih senang untuk mencoba hal-hal yang dianggap nya menarik tanpa memikirkan manfaatnya apa dan tidak ada niatan untuk memperdalam lebih jauh lagi apa yang menjadi kelebihan seseorang tersebut.

Saya setuju, saya pribadi kesulitan dalam menemui kelebihan saya justru saya merasa saya serba kekurangan dan bahkan tidak ada sedikit pun yang bisa saya banggakan. Menurut saya, hal ini terjadi karena saya kurang percaya kapa diri saya sendiri sehingga saya merasa tidak memiliki kelebihan apa pun, tetapi saya sering mendengar orang yang memberikan apresiasi kepada saya dan memotivasi saya seakan saya memiliki kelebihan yang patut dipertahankan dan dikembangkan. Maka dari itu memiliki teman yang mampu mendukung dan memotivasi kita tu sangat membantu kita dalam mengingat bahwa kita tidak seburuk yang kita pikirkan.

Kemungkinan alasan kenapa kita sulit menyadari kelebihan diri sendiri adalah, karena kita sendiri suka membandingkan diri kita terhadap orang lain dan menganggap kelebihan yang dimilikinya adalah sesuatu yang hebat. Hal itu pada akhirnya membuat kita tidak percaya diri dan merasa insecure. Sebenarnya pasti kita pernah merasa bahwa kita ahli di sebuah bidang namun kita tidak pernah berusaha untuk mengembangkan keahlian itu dan mencari potensi dari diri kita karena rasa malas dan tidak yakin. Akhirnya kita merasa tidak memiliki kelebihan apapun pada diri kita, padahal mungkin masih banyak potensi yang kita miliki dan dapat dikembangkan tanpa di sadari. Jadi jangan takut untuk mencoba, terus upgrade kemampuan yang kita miliki dan jadikan sebuah kelebihan yang kita miliki.

karena masih merasa itu bukan kelebihan dia dan terkadang kita lebih mudah melihat kelebihan orang lain daripada diri sendiri.

Menurut saya, mengapa kita sulit menemukan kelebihan kita? Hal tersebut karena kita seolah mengelak atau menolak untuk mengakui bahwa suatu aktivitas tertentu merupakan salah satu kelebihan kita. Hal ini dapat terjadi karena suatu skill dirasa tidak ada yang istimewa, menganggap bahwa semua orang juga bisa melakukan, dan masih membandingkan hasil pekerjaan dirinya dengan orang lain. Sebab alasan-alasan tersebut, seseorang cenderung menjadi lebih minder dan terkesan malas untuk melanjutkan aktivitas yang mendorong skill tertentu.

Selain itu, terlalu membanggakan skill orang lain juga bisa memicu diri sendiri untuk merasa tidak ada apa-apanya sehingga yang terjadi adalah seseorang akan secara terus-menerus terjebak pada pikiran-pikiran bahwa dirinya tidak mampu. Namun, seharusnya pencapaian orang lain bisa dijadikan sebagai motivasi dengan menunjukkan bahwa diri sendiri mampu dan bahlan bisa lebih baik.