Mengapa seseorang sering sakit kepala dan sering murung sehingga sulit bahagia ?

murung

Sering sakit kepala serta sedang ada masalah dengan keluarga. Kemudian, sering murung sampai mencoba untuk bahagia juga sangat sulit. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Ketika seseorang mengalami masalah dala kehidupan sehari-hari, hal ini dapat menyebabkan stres psikologis pada orang tersebut. Murung, cemas, depresi, dan sedih merupakan reaksi yang wajar terjadi pada seseorang ketika dihadapkan pada tekanan psikologis ini. Masalah psikolgis yang dihadapi seseorang juga tidak jarang menyebabkan keluhan fisik seperti sakit kepala, lemas, mudah lelah, dan lainnya. Apa yang yang dipertanyakan adalah alami merupakan hal yang wajar dan tidak disebabkan oleh gangguan bipolar.

Gangguan bipolar adalah perubahan suasana hati seseorang yang terjadi secara drastis dan fluktuatif misalnya menjadi sangat bahagia padahal sebelumnya sangat sedih. Gangguan bipolar memiliki dua episode yaitu fase naik (episode mania) dan fase turun (episode depresi). Penyebab pasti dari kondisi ini tidak diketahui dengan pasti namun dikaitkan dengan gangguan neurotransmitter otak. Untuk mendiagnosisi gangguan ini diperlukan pemeriksaan oleh psikiater.

Silakan untuk melakukan hal berikut:

  1. bercerita dengan teman terdekat mengenai apa yang dirasakan atau pikirkan tentang masalah yang dihadapi
  2. sibukkan diri dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan, misalnya melakukan hobi
  3. ikuti kegiatan sosial atau kegiatan keagamaan
  4. berolahraga dengan teratur
  5. jangan lupa untuk mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa
1 Like