Mengapa Seseorang Sering Datang terlambat?

Banyak orang yang sering terlambat menghadiri pertemuan, walaupun sudah membuat janji sebelumnya. Apa alasan psikologis dari orang yang sering terlambat ? Mengapa orang sering terlambat ?

Menjadi orang yang selalu terlambat bisa jadi bukan salah Anda. Itu bisa jadi tipe anda. Tantangan untuk tepat waktu - seringkali memiliki andil dalam karakteristik kepribadian seperti optimism, tingkat kontrol diri yang rendah, kecemasan, atau kecenderungan untuk mencari sensasi, kaa para ahli. Perbedaan kepribadian juga dapat mendikte bagaimana kita mengalami berlalunya waktu.

Dr Linda Sapadin, seorang psikolog di praktik swasta di new York dan penulis buku How to Beat Procrastination in the Digital Age mengatakan, sejumlah keterlambatan yang menetap muncul dari “sebuah masalah berpikir yang obsesif.”

Singkatnya, menurut dia, penundaan fokus pada sebuah ketakutan yang melekat terhadap suatu peristiwa atau tenggat waktu ketika mereka terlambat. Dibandingkan dengan mencari tahu bagaimana untuk melewati rasa takut, takut menjadi sebuah alasan - biasanya diekspresikan dengan sebuah pernyataan ‘tapi’.

Sebagai contoh, Anda mungkin mengatakan pada diri Anda, “Saya ingin tepat waktu untuk acara itu tetapi saya belum memutuskan apa yang harus saya pakai; Saya mulai menulis sebuah artikel tetapi saya takut kolega saya akan mendapati hal itu tidak cukup baik,” jelas dia.

“Apa yang terjadi setelah ‘tetapi’ merupakan apa yang terpenting,” kata Sapadin. Dia mengatakan kepada orang-orang untuk mengubah kata ‘tapi’ menjadi ‘dan’. ‘Tapi’ menunjukkan oposisi dan penghalang; ‘Dan’ merupakan koneksi dan resolusi, jelas dia, jadi “tugas menjadi kurang menakutkan, dan ketakutan kurang dari penghalang.”

Kerap kali seseorang memiliki perilaku terlambat ketika menghadiri sesuatu. Terutama dikalangan pelajar yang sering dijumpai di sekolah-sekolah banyak yang dihukum karena datang terlambat. Faktor penyebabnya terdiri dari beberapa alasan, berikut penjelasannya:

  1. Jarak antara sekolah dan rumah jauh
  2. Kesulitan kendaraan
  3. Terlalu banyak kegiatan di rumah
  4. Membantu orang tua
  5. Terlambat bangun
  6. Gangguan kesehatan
  7. Tidak menyukai suasana sekolah
  8. Tidak menyukai satu atau lebih mata pelajaran
  9. Tidak menyiapkan pekerjaan rumah (PR)
  10. Kurang mempunyai persiapan untuk kegiatan di kelas
  11. Terlalu asyik dengan kegiatan di luar sekolah

Adapun akibat yang akan didapatkan oleh siswa yang sering datangg terlambat ke sekolah ; nilai rendah, tidak naik kelas, hubungan dengan guru terganggu, hubungan dengan kawan sekelas terganggu, dan kegiatan di luar sekolah tidak terkendali.

Adapun penyebab lainnya mengapa seseorang sering terlambat adalah kurangnya kedisiplinan dalam diri. Menurut Suharsimi Arikunto (1980: 114), disiplin adalah kepatuhan seseorang dalam mengikuti peraturan atau tata tertib karena didorong oleh adanya kesadaran yang ada pada kata hatinya tanpa adanya paksaan dari pihak luar. Menurut Thomas Gordon (1996). Disiplin adalah perilaku dan tata tertib yang sesuai dengan peraturan dan ketetapan, atau perilaku yang diperoleh dari pelatihan yang dilakukan secara terus menerus. Apabila masyarakat di Indonesia sudah memahami dengan baik disiplin dan manfaatnya, maka kemungkinan seseorang melakukan keterlambatan akan semakin kecil, karena sudah memahami esensi waktu yang sebenarnya.