Mengapa seseorang dapat mengalami Erotomania?

Erotomania

Erotomania merupakan salah satu gangguan delusi di mana seseorang merasa yakin dicintai atau ditaksir orang lain, meski kenyataannya belum tentu.

Mengapa seseorang dapat mengalami Erotomania ?

Beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab EROTOMANIA, antara lain :

  1. Genetik: Fakta bahwa gangguan delusi lebih sering terjadi pada orang yang memiliki anggota keluarga dengan gangguan delusional atau skizofrenia. Dari sini dapat diduga mungkin ada faktor genetik yang terlibat. Hal ini diyakini bahwa, seperti dengan gangguan mental lainnya, kecenderungan untuk mendapatkan gangguan delusional mungkin diturunkan dari orang tua kepada anak-anak mereka.

  2. Biologi: Para peneliti sedang mempelajari bagaimana kelainan daerah-daerah tertentu di otak mungkin terlibat dalam perkembangan gangguan delusi. Kelainan pada fungsi area otak yang mengontrol persepsi dan pemikiran yang mungkin berpengaruh pada pembentukan gejala delusi (khususnya erotomania).

  3. Lingkungan/ psikologis: Bukti menunjukkan bahwa gangguan delusional bisa dipicu oleh stres. Alkohol dan penyalahgunaan narkoba juga mungkin berkontribusi terhadap kondisi tersebut. Orang-orang yang cenderung terisolasi, seperti imigran atau orang-orang dengan penglihatan yang buruk dan pendengaran, tampaknya lebih rentan untuk terkena gangguan delusional, salah satunya adalah erotomania.