© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Mengapa seseorang butuh motivasi ?

Motivasi

Motivasi merupakan sesuatu yang mendeskripsikan apa yang memacu seseorang dan tujuan orang melakukan kegiatan. Motivasi merupakan penjelasan perilaku seseorang yang meliputi keinginan (want), kebutuhan (need), hasrat (desire), tujuan (goal), dan penghindaran (avoid).

Mengapa seseorang butuh motivasi ?

Motivasi menurut Santrock (2008) adalah proses yang akan mengarahkan, memberi semangat, dan kegigihan perilaku seseorang pada tujuan yang ingin dicapainya. Para peneliti di bidang motivasi secara umum membedakan motivasi dalam dua jenis: intrinsik dan ekstrinsik (Deci, 1975; Deci & Ryan, 1985; Lepper & Green, 1978; Malcne & Lepper, 1987 dalam Parsons, Hinson & Brown, 2001). Motivasi ekstrinsik merupakan motivasi yang menggerakkan suatu aktivitas dimana aktivitas tersebut adalah alat untuk mencapai tujuan.

Dalam konteks akademis, siswa yang termotivasi secara ekstrinsik akan mengerjakan tugas-tugasnya karena alasan tertentu dan yakin hal tersebut akan memberikan hasil seperti yang diinginkan, misalnya reward dan pujian. Sementara itu motivasi intrinsik adalah motivasi yang menggerakkan suatu aktivitas karena aktivitas tersebut menyenangkan. Siswa yang termotivasi secara intrinsik akan memperoleh kepuasan dari kegiatan yang dilakukannya. Motivasi siswa merupakan proses yang akan mengarahkan individu untuk mencapai target akademik. Motivasi siswa inilah yang menjadi dasar untuk mencari pengalaman belajar khususnya terkait dengan keinginan untuk ikut serta dalam kegiatan pembelajaran (Brophy, 2004).

Motivasi akademik juga dibedakan atas dua kategori, yakni motivasi akademik intrinsik dan motivasi akademik ekstrinsik. Siswa dengan motivasi akademik intrinsik tinggi menunjukkan pencapaian prestasi yang lebih tinggi, pandangan yang lebih baik mengenai kompetensi akademiknya, dan kecemasan akademik yang lebih rendah sejak masa kanak-kanak hingga usia remaja (Gottfriend, Fleming & Gottfriend, 2001). Motivasi akademik intrinsik didefinisikan sebagai kesenangan belajar di kegiatan perkuliahan yang terlihat dari orientasi penguasaan (orientation toward mastery), keingintahuan, keuletan, dan pembelajaran tugas-tugas baru yang sulit serta menantang (A. E Gottfriend, 1985, 1986; dalam Gottfriend, Fleming & Gottfriend, 2001).