Mengapa seorang pemimpin harus dapat melihat dari banyak sudut pandang ?

kepemimpinan

(Iqbal Putra Santosa) #1

cara pandang pemimpin

Kepemimpinan merupakan suatu hal yang seharusnya dimiliki oleh setiap pemimpin organisasi. Efektivitas seorang pemimpin dapat ditentukan oleh kepandaiannya memutuskan suatu keputusan dengan bijaksana.

Setiap pemimpin akan selalu menghadapi tantangan dalam mengambil sudut pandang atau perspektif untuk mengatasi perubahan lingkungan yang sewaktu-waktu dapat terjadi dan serta bertanggung jawab untuk menetapkan etika atau norma yang menuntut perilaku setiap orang dalam organisasi.

Pemimpin yang sukses memiliki cara untuk melihat kemana ia (dan organisasinya) akan pergi dan bagaimana mencapainya.

Artinya, manajer harus memiliki ide, sebuah kerangka kerja dan sikap mental. Ide itu sendiri tentu diambil dengan melihat berbagai macam perspective atau pandangan.

Peran pemimpin yang sedemikian strategis mendorong banyak ahli mencoba menganalisis berbagai aspek untuk menemukan sifat dan bentuk kepemimpinan yang diharapkan, terutama yang mampu menggerakkan seluruh potensi organisasi untuk mencapai tujuannya.

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki pemimpin pada zaman ini adalah kemampuan dalam menilai anggota dan lingkungan tidak dari satu sudut pandang saja melainkan banyak hal.

Kemampuan perspective dalam Leadership Skill maksudnya kita dalam memimpin suatu organisasi pasti kita akan berhadapan dengan lebih dari satu orang yang tentunya mempunyai latar belakang dan kepentingan yang berbeda-beda.

Kemampuan memimpin dalam perspektif atau menilai tiap-tiap individu yang berbeda-beda dalam artian tidak menyamakan/ menilai tiap individu dengan pandangan yang sama adalah kemampuan memimpin yang sangat penting.

Karena ini berhubungan langsung dengan cara Anda berhadapan dan melakukan pendekatan kepada anggota team Anda masing-masing.

Dengan kemampuan melihat suatu hal dengan berbagai macam pandangan, Anda dapat mengetahui sesuatu dengan lebih lengkap/kompleks, memiliki pilihan untuk dibandingkan, dan dapat membuat keputusan yang lebih baik serta tindakan yang lebih efektif bisa dilakukan.

Karena sebagai pemimpin Anda harus dapat melihat apa yang tim Anda lihat. Disinilah faktor kepemimpinan seungguhnya mulai di uji, mulai dari cara kita menilai tiap-tiap Anggota team kita, bagaimana kita bersikap, merumuskan tujuan/visi, melakukan perencanaan, mengarahkan, meyakinkan sampai dengan bagaimana kita mencontohkan dan bertanggung jawab atas semua keputusan kita.

Mengubah perspektif Anda memungkinkan otak untuk keluar dari pola pemikiran yang kaku dan melihat dunia dengan cara baru dan berbeda. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk melihat pola-pola baru dan koneksi yang lain yang mungkin saja Anda tidak melihatnya.

Penting untuk diingat bahwa mengubah perspektif Anda tidak berarti membuang semua ide lama Anda.

Bagaimana menurut anda ?

Sumber :