Mengapa Selama Pandemi Covid-19 Kasus Kejahatan Bisa Meningkat?

begal

Di awal pandemi tahun 2020 lalu untuk meminimalisir penularan virus Covid-19, pemerintah memutuskan untuk membebaskan sejumlah tahanan di berbagai daerah di Indonesia. Namun, baru beberapa hari dibebaskan beberapa mantan narapidana malah kembali beraksi melakukan kejahatan, seperti mencuri. Bahkan hingga saat ini angka kejahatan di masa pandemi terus saja meningkat drastis. Tidak tanggung-tanggung para pelaku pun sekarang semakin sadis dan terang-terangan dalam melakukan aksinya.

Lalu, mengapa kasus kejahatan ini bisa terus meningkat selama pandemi? apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi?

Fenomena krisis ketika pandemi sangat rentan terjadi. Mulai dari krisis keuangan, krisis mental, krisis bahan pangan, dan lain-lain. Hal ini lah yang membuat angka kejahatan selama pandemi meningkat karena hampir sebagian dari mereka yang melakukan pencurian biasanya memiliki alasannuntuk bertahan hidup dirinya hingga keluarganya. Lalu bagaimana untuk menekan tingginya angka kejahatan ini? Kita harus saling bahu membahu untuk melewati ini semua, seperti membuka link donasi dan berdonasi, bantuan semacam ini akan sangat berarti bagi mereka yang sedang mengalami krisis.

Kejahatan meningkat selama pandemi, dikarenakan adanya krisis. Banyak juga masyarakat yang di PHK, dan nganggur. Mungkin ini yang menjadi penyebab kasus kejahatan bisa meningkat. Mereka melakukan hal seperti ini mungkin biasanya karena ingin bertahan hidup.