Mengapa sejak kecil kita sudah dikenalkan dengan olahraga ?

Pada tingkat pendidikan taman kanak-kanak, atau bahkan pada tingkat PAUD kita sudah dikenalkan dengan pendidikan jasmani dan kesehatan (PENJASKES). Mengapa hal ini terjadi? Apakah olahraga merupakan hal yang krusial untuk kita sehingga perlu untuk dikenalkan sejak kecil?

Olahraga Penting Diajarkan pada anak sejak dini. Riset membuktikan ketika seseorang sudah terbiasa berolahraga sejak masih anak-anak, di usia dewasa dia pun terbiasa melakukan hal serupa.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), seorang anak membutuhkan sekitar 60 menit berolahraga fisik setiap harinya. Total 60 menit ini tidak harus didapatkan dalam satu waktu yang sama, tetapi dapat dijumlahkan dalam sehari menjadi 60 menit.

Anak yang terbiasa berolahraga, seperti dikatakan dr. Mary L. Gavin, bisa menurunkan risiko mereka mengalami obesitas. Si kecil juga berisiko rendah memiliki masalah kesehatan pada jantungnya.

manfaatolahragaanalSeperti dikutif dari website Ikatan Dokter Anak Indonesia. Berikut ini Aktivitas fisik atau olahraga berdasarkan rentang usianya:

Sumber