Mengapa segmentasi pasar merupakan hal yang sangat penting di era ini?

Dengan majunya teknologi dan pesatnya perkembangan informasi, persaingan menjadi semakin ketat dalam usaha.

Mengapa segmentasi pasar menjadi sangat penting seiring era informasi semakin maju?

Segmentasi pasar merupakan dasar atau pondasi dari pemasaran itu sendiri. Pemasaran mengandung unsur STP (Segmentation, Targeting, Positioning) dan 4P (Product, Place, Price, Promotion), dimana segmentasi adalah dasar dari semuanya.

Apabila kita salah dalam melakukan segmentasi, maka strategi, planning dan program pemasaran selanjutnya (*Targeting dan Positioning) *juga tidak akan benar. Kerugian paling besar yang dirasakan pastinya dari segi biaya dan waktu yang terbuang percuma.

Suatu pasar terdiri dari begitu banyak konsumen – dan konsumen tersebut begitu beragam dan berbeda-beda dalam banyak hal. Mereka mempunyai perbedaan dalam hal kebutuhan, daya beli, lokasi geografis, kebiasaan membeli dan karakteristik pembelian. Semua hal/variabel tersebut dapat digunakan untuk men-segmentasi pasar.

Setiap manajer pemasaran sudah seharusnya memahami segmentasi pasar. Dirumuskan oleh Wendell Smith pada tahun 1956 dalam artikel terkenalnya yang berjudul “Product Differentiation and Market Segmentation as Alternative Marketing Strategies”, segmentasi telah menjadi bagian utama dari strategi pemasaran mana pun yang harus diperhatikan, supaya manajer pemasaran bisa membuat keputusan berkenaan dengan pasar yang dimaksud.

Menurut Hermawan Kertajaya segmentasi adalah metode untuk memandang pasar secara kreatif. Yaitu dengan membagi pasar sesuai dengan kebutuhan tertentu.

Berikut beberapa alasan mengapa segmentasi pasar sangat penting dalam proses pengembangan strategi pemasaran.

1. Segmentasi dapat menghemat cost / biaya.
Dengan dipilihnya segmentasi, maka perusahaan akan fokus pada segmentasi tersebut. Hal ini bisa memangkas biaya, energi, dan SDM untuk fokus pada hal tersebut saja. Maka pengeluaran anda bisa lebih hemat jika dibandingkan mereka yang fokusnya masih belum ditentukan.

2. Segmentasi memudahkan positioning.
Segmentasi dapat menjadi dasar untuk positioning merek. Positioning adalah tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan agar mendapatkan tempat khusus dalam pikiran target market.

3. Segmentasi menambah daya saing anda terhadap kompetitor.
Dengan segmentasi, perusahaan dapat melihat siapa saja pesaingnya. Dan tentu saja dapat melihat letak peluang mereka di pasar. Maka dengan data-data segmentasi, perusahaan bisa dengan mudah menentukan apa yang harus mereka lakukan dengan kompetitor.

Sumber :