Mengapa sebuah startup perlu menyerap tenaga kerja yang sesuai dengan tuntutan pasar sehingga dapat menjadi ukuran kesuksesan sebuah bisnis?

Di tahap awal startup pasti memiliki target untuk bertumbuh. Aspek penting dalam pertumbuhan startup ada pada orang-orang di belakangnya. Tim yang solid, yang menggunakan segenap kemampuannya untuk memberikan yang terbaik bagi bisnis. Jika bertumbuh adalah sebuah hal yang diperjuangkan tidak ada salahnya untuk berinvestasi pada tim.

Startup perlu menyerap tenaga kerja dengan beberapa kriteria agar sebuah usaha tersebut dikatakan mencapai kesuksesannya . Beberapa kiteria diantaranya adalah :

  1. Memilih orang yang memiliki kemampuan dan kualitas yang baik
  2. Memperkerjakan karyawan yang sudah berpengalaman
  3. Memilih karyawan yang berkomitmen untuk mencapai misi perusahaan dan memiiki visi yang sama mengenai masa depan dari perusahaannya
  4. Memilih karyawan yang memiliki rasa kepemilikan atas pekerjaannya

Dengan kemampuan dan kualitas yang dimiliki oleh karyawannya sangat berpengaruh saat beradaptasi dengan konsumennya. Perusahaan-perusahaan startup sebaiknya menggunakan sistem yang membuat para pekerjanya termotivasi untuk bekerja dengan baik. Karena apa yang diterapkan kepada karyawannya akan diterima baik lalu diterapkan dalam menghadapi interaksi dengan konsumen.

Dan jika tenaga kerja yang dimiliki memiliki semua kriteria diatas,maka startup yang telah dibangun akan berjalan sesuai apa yang telah direncanakan dan membantu mempertahankan bisnis yang sudah ada.

Referensi :

Menurut saya, iya sangat perlu. Mengapa?

Bayangkan apabila anda mempunyai suatu perusahaan konvensional, misal toko penjualan handphone(telepon seluler) dan saat itu pasar sedang booming media penjualan melalui website sehingga memudahkan calon pembeli untuk ketersediaan barang, melihat spesifikasi, dan sekaligus harga tanpa harus mengunjungi toko tersebut. Dan anda sebagai pimpinan ingin mengikuti arus trend tersebut agar perusahaan anda mampu bersaing dengan toko lain.

Analoginya seperti ini :

Ibaratkan ketika anda ingin berlayar ke pulau harta karun, anda tentunya harus tepat memilih seorang nahkoda yang mampu mengontrol kapal menaklukkan ombak yang menghantam dan bisa membawa tim anda selamat sampai pulau harta karun tersebut. Bayangkan apabila anda salah memilih nahkoda yang tidak berkompeten atau memilih orang yang sejatinya ia bukan nahkoda, tentu pasti anda beserta tim tidak akan selamat sampai tujuan. Bisa saja ditengah jalan dihempas oleh ombak tinggi dan kapal anda terbalik.

Berdasarkan analogi tersebut berarti bahwa sebuah startup ataupun perusahaan yang sudah besar sangat perlu menyerap tenaga kerja sesuai permintaan pasar. Anda harus tepat memilih orang untuk mengembangkan ide bisnis toko anda menjadi berbasis website seperti apa yang diharapkan. Karena ketika tim anda bagus, tentu semua tujuan akan tercapai.

Anda membutuhkan sebuah tim yang kuat, karena tim yang biasa-biasa saja akan memberikan hasil-hasil yang biasa-biasa saja , seberapa baikpun dikelolanya.
~Bill Gates~

1 Like