Mengapa sebelum memulai olahraga diharuskan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu ?

pemanasan sebelum berolahraga

Saat kita sekolah, kita tentu sering bertanya-tanya mengapa guru olahraga harus meminta kita untuk melakukan pemanasan dulu sebelum berolahraga meskipun tubuh kita bisa langsung melakukan olahraga. mengapa ?

Pemanasan ternyata sangat penting untuk dilakukan karena tubuh tentu harus menyesuaikan diri agar bisa beraktifitas lebih keras daripada biasanya. Jika pemanasan tidak dilakukan, bisa jadi kita akan mengalami cedera yang berbahaya.

Pemanasan saat olahraga tidak perlu dilakukan lama-lama. Cukup dengan 5 menit hingga 15 menit pemanasan, otot-otot tubuh akan menjadi lebih lemas sehingga resiko terkena kram atau cedera pun bisa ditekan. Sebagai contoh, otot yang masih dalam kondisi dingin tiba-tiba harus dipakai untuk berlari kencang. Otot pun akan kaget sehingga bisa mengalami cedera ringan atau bahkan berat layaknya kram yang membuat kaki tiba-tiba kaku sehingga kita yang sedang berlari bisa tiba-tiba terjatuh dan terluka. Otot yang kram sendiri bisa terasa layaknya tertarik, terjepit, atau bahkan terlipat. Otot juga bisa mengalami masalah tendinitis atau rasa sakit pada otot sehingga gerakan olahraga pun menjadi tidak optimal. Otot yang mengalami kram akan terasa sangat sakit dan harus segera dipulihkan agar kondisinya kembali normal.

Jika kita tidak melakukan pemanasan, olahraga pun cenderung akan lebih sulit untuk dilakukan. Bagaimana tidak, tubuh yang cenderung kaget karena dipaksa untuk melakukan aktifitas yang lebih berat secara tiba-tiba akan lebih mudah lelah. Gerakan olahraga pun akan menjadi lebih kaku karena tubuh kesulitan menyesuaikan diri dengan ritme olahraga yang dilakukan. Selain itu, nafas pun akan jauh lebih mudah habis dan sesak dan jika olahraga diteruskan, kita bisa mengalami pingsan saat berolahraga. Selain itu, kondisi nafas yang sesak juga bisa menyebabkan sakit kepala atau pusing-pusing mengingat kandungan oksigen ke otak pun akan menjadi semakin minim. Kita pun akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi saat berolahraga.

Dengan adanya resiko yang besar mengalami cedera saat berolahraga, maka jangan pernah lupakan pemanasan sebelum berolahraga. Dengan tubuh yang lebih siap, olahraga pun akan lebih aman dan nyaman untuk dilakukan dan tubuh pun akan semakin sehat.

Sumber:

http://doktersehat.com/mengapa-kita-harus-melakukan-pemanasan-sebelum-berolahraga/

Ada. Terdapat 4 manfaat lain dari melakukan pemanasan sebelum berolahraga.
Antara lain :

1. Meningkatkan jumlah oksigen

Setelah suhu dan aliran darah meningkat setelah pemanasan, jumlah oksigen yang diterima oleh sel juga akan meningkat. Hal ini akan mencegah pembentukan dan akumulasi dari produk-produk limbah yang tidak diinginkan dan menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada otot.

2. Meningkatkan gerakan pada sendi

Olahraga adalah kegiatan yang menyehatkan. Pemanasan sebelum olahraga merupakan hal penting yang harus diingat. Ini akan meningkatkan gerakan sendi dan mengurangi kemungkinan cedera otot, tendon dan ligamen.

3. Mengurangi stres pada jantung

Melakukan olahraga berat secara langsung tanpa adanya pemanasaan, akan menimbulkan stres pada hati Anda. Melanjutkan olahraga setelah pemanasan, akan menjadi cara terbaik untuk menangani masalah ini. Hal ini merupakan manfaat lain pentingnya pemanasan sebelum berolahraga.

4. Persiapan mental dalam tubuh

Persiapan mental juga merupakan faktor penting yang akan membuat olahraga Anda lebih efektif. Hal ini akan meningkatkan teknik, keterampilan, dan koordinasi dalam tubuh.

Sumber