Mengapa Sebagian Besar Siswa Tidak Menyukai Kegiatan Pramuka?

unnamed

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah “Kepanduan” (Boy Scout). Kegiatan Pramuka sendiri memiliki maksud dan tujuan yang baik dan bermanfaat, seperti mengenal alam bebas, berkemah, belajar sikap disiplin dan kesetia-kawanan.

Namun dalam pelaksanaannya sendiri cukup banyak siswa yang tidak menyukai kegiatan satu ini, sekalipun mereka mengikuti mungkin hanya sekedar formalitas atau ada sedikit unsur terpaksa. Ditambah lagi dengan kejadian beberapa tahun yang lalu mengenai tragedi yang merenggut beberapa korban jiwa saat melaksanakan salah satu kegiatan Pramuka, semakin membuat stigma kegiatan ini menjadi berbahaya dan tidak menarik bagi para siswa dan juga orang tua.

Setujukah kalian dengan argumen tersebut atau Bagaimana pendapat kalian sendiri mengenai kegiatan Pramuka yang semakin tidak digemari oleh para siswa?

Referensi Foto

27 Seragam Pramuka Dari Berbagai Negara Yang Belum Kalian Ketahui, Keren Banget

Referensi Topik

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Kara

aku salah satu siswa yang tidak menyukai aktivitas pramuka, aku berusaha untuk bolos di setiap hari sabtu dimana kegiatan pramuka diadakan. aku bukan anak yang suka berpetualang ke hutan, gunung ataupun tempat lainnya yang memerlukan kemampuan pramuka. menurutku, itu ga penting karena kegiatan yang aku lihat seperti penjajahan dan sedikit keras. dibentak lah, disuruh ambil lambang baru di dalam adonan *aku gatau namanya apa yang jelas isinya bikin muntah kata temen ku, trus dibangunkan tengah malam untuk melakukan ini lah itu lah dan kegiatan lainnya. untuk berkemah jelas aku kurang senang karena mereka jarang mandi. aku merasa seperti hidup itu ga berkembang, mengapa harus melakukan hal-hal yang udah jadul di zaman yang sudah ada teknologi. mungkin kegiatannya bisa diupdate mengikuti zaman, barulah banyak siswa yang akan tertarik.