Mengapa sarah bartman disukai oleh orang eropa?

Kalian mengenal Sarah Baartman alias Hottentot Venus?
Sarah merupakan perempuan yang bersuku Khoikhoi Afrika yang memiliki bokong raksasa dengan bentuk badan yang unik. Tetapi dia memiliki cerita yang suram, karena sarah telah ditipu oleh orang eropa. Ia dijanjikan akan hidup enak, ternyata menjadi budak.Perempuan afrika tersebut, badannya dipertontonkan oleh warga Eropa. Bagaimana menurut kalian?
Mengapa sarah bartman disukai oleh orang eropa?

dari sumber yang saya baca, Pada 1789, seorang perempuan Afrika keturunan suku Khoikhoi yang disebut Sara “Saartjie” Baartman oleh penjajah Belanda lahir di Eastern Cape. Sejak muda, ia telah menjadi budak orang Eropa dan mengalami kekejian demi kekejian. Pada usia 16, tunangan Sara dibunuh oleh orang Belanda. Selanjutnya, ia tidak ubahnya sebagai properti yang dengan mudah dipindahtangankan dari satu orang Eropa ke orang Eropa lainnya.

Sekitar tahun 1810, seorang berkebangsaan Inggris, William Dunlop dan temannya, Hendrik Cesars memiliki ide membawa Sara ke Eropa. Mereka berpikir, dengan fitur tubuh perempuan Khoikhoi yang “unik”: berbokong superbesar dan bentuk alat kelamin memanjang, Sara akan menjadi daya tarik bagi warga Eropa. Hal ini potensial mendatangkan keuntungan. Lantas, Sara pun diboyong ke London dengan kapal.

Kisah hidup Sara di Eropa kemudian disampaikan oleh sutradara Zola Maseko lewat dokumenter The Life and Times of Sara Baartman (1998). Di sana diceritakan, Sara yang kemudian bernama panggung Hottentot Venus dijanjikan ketenaran dan uang, suatu hal yang jauh lebih baik dibanding tetap hidup sebagai budak di benua kelahirannya sendiri.

sumber