Mengapa sampah harus dipilah sebelum dibuang?

sampah

Sebelum membuang sampah,sebaiknya sampah dipisahkah terlebih dahulu sebelum dibuang ke pembuangan akhir. Minimal dipisahkan antara sampah organik dan an organisk. Mengapa ?

Mempercepat Proses Penguraian
Sampah itu ada dua jenis, yakni sampah organik dan sampah anorganik. Untuk sampah organik, proses penguraiannya akan lebih cepat terjadi jika digabungkan dengan sampah organik lainnya.

Mengurangi Bau Busuk
Sampah organik akan mengeluarkan bau busuk saat terurai. Supaya bau busuk itu hilang, kita harus memisahkan sampah organik dari sampah anorganik. Setelah dipisahkan, sampah organik bisa dikubur di dalam tanah, sebagai pupuk. Dengan begitu, bau busuk dari sampah organik tidak akan tercium. Lalu, tanaman pun tubuh subur.

Meningkatkan kebersihan sampah
Penguraian pada sampah organik akan terjadi lebih cepat daripada sampah anorganik. Jika kedua sampah itu dicampurkan, sampah anorganik yang tadinya bersih akan menjadi kotor. Hal itu akan memudahkan para pengepul dalam mendaur ulang sampah anorganik.

Mengurangi jumlah sampah
Dari seluruh sampah yang ada, lebih dari 55% nya adalah sampah organik. Jika kita memilah sampah dan mengolah sampah organik itu menjadi kompos, maka jumlah sampah yang ada di tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) pun akan berkurang setengahnya.

Pembuangan tercampur dan kurangnya pemilahan dan daur ulang adalah salah satu penyebab paling menonjol dari plastik laut yang bocor ke lingkungan. Pemilahan dan daur ulang penting karena sampah daur ulang bernilai tinggi yang dapat didaurulang dan diproses menjadi produk baru dapat dikumpulkan terpisah dari sampah kota lainnya, dapat dipulihkan untuk daur ulang, bukan dikirimkan ke TPA atau bocor ke lingkungan. Kurangnya pemilahan & daur ulang timbul dari kurangnya pemahaman tentang material apa yang dapat didaur ulang serta kompleksnya dan tidak adanya standar untuk kategori pemilahan sampah. Kurangnya minat dalam pemilahan dan daur ulang juga karena persepsi bahwa daur ulang tidak membawa manfaat pribadi atau ekonomi.

Sumber

https://bebassampah.id/files/uploads/playbook-sorting-recycling-id.pdf

Sampah organik akan mengeluarkan bau busuk saat terurai. Supaya bau busuk itu hilang, kita harus memisahkan sampah organik dari sampah anorganik. Setelah dipisahkan, sampah organik bisa dikubur di dalam tanah, sebagai pupuk. Dengan begitu, bau busuk dari sampah organik tidak akan tercium.

karena dengan memisahkan sampah dapat mempercepat proses peruraian pada sampah organik, pada sampah anorganik bisa diproses ke daur ulang, jika tidak di pisah maka akan memakan waktu untuk memisahkan beberapa sampah tersebut