Mengapa Sakit Gigi Bisa Membuat Leher, Mata dan Kepala Terasa Nyeri?

Sakit gigi seringkali membuat keadaan menjadi runyam. Hal ini dikarenakan saat kita sakit gigi ada rasa nyeri pada gigi yang tak tertahankan. Bukan hanya rasa nyeri pada gigi, sakit gigi juga seringkali menciptakan rasa nyeri pada bagian kepala. Bahkan dalam keadaan yang lebih parah maka sakit gigi juga tak menutup kemungkinan menyerang bagian lain seperti kepala, leher, pundak dan mata.

Tapi bagaimana bisa sakit gigi bisa membuat kepala, leher dan mata terasa jadi ikutan sakit? Drg. Imelda Sari dari Rumah Sakit Husada Jakarta, menuturkan, sakit pada kepala, pundak, leher dan mata akibat sakit gigi ini dikarenakan adanya saraf pada gigi yang terhubung dengan beberapa saraf di kepala. Dari saraf di kepala ini maka kemudian akan merambat ke bagian tubuh yang lain seperi leher, pundak dan mata. Tak jarang akibat sakit gigi ini bisa membuat migrain.

Masih menurut Drg. Imelda Sari, pada gigi memang terdapat saraf neuve trigeminal yang terhubung ke beberapa bagian tubuh seperti rahang bawah, rahang atas dan juga bagian mata. Dari sinilah maka ketika sakit gigi maka bagian kepala seringkali juga terasa tidak enak. Gejala tidak enak pada kepala yang umumnya terjadi pada kepala akibat sakit gigi adalah pusing.

Dan bila Anda mendapati sakit kepala yang berlebihan dan terus-menerus karena efek sakit gigi maka keadaan ini perlu diwaspadai. Hal ini dikarenakan bisa jadi keadaan tersebut disebabkan oleh adanya lubang yang cukup besar pada gigi. Dan bukan tidak mungkin rasa nyeri berlebih di kepala tersebut disebabkan oleh infkesi pada gigi.

Tidak hanya karena sakit gigi, rasa nyeri pada kepala juga dapat diakibatkan oleh tumbuhnya gigi bungsu saat usia dewasa. Rasa sakit akibat munculnya gigi bungsu ini akan lebih terasa nyeri jika didapati tumbuhnya gigi bungsu tersebut tidak benar atau karena pertumbuhannya yang terhalang. Bahkan pada beberapa kasus, rasa nyeri akibat tumbuhnya gigi bungsu ini membuat beberapa pasien sulit untuk membuka mulut.

http://ciptadent.co.id/mengapa-sakit-gigi-bisa-membuat-leher-mata-dan-kepala-terasa-nyeri/