Mengapa saat menyikat gigi ada darah yang ikut keluar beserta dengan busa dari pasta gigi?

gi
Salah satu cara mudah merawat gigi yaitu dengan menyikat gigi sehari tiga kali, dan setelah makan agar gigi terlihat putih dan terawat bebas dari karang dan bakteri. Namun menyikat gigi tidak selalu berjalan mulus, ada beberapa masalah yang bisa saja terjadi saat melakukan penyikatan gigi salah satunya gusi berdarah. Apa penyebabnya?

Tidak sedikit orang yang merasakan ini saat melakukan penyikatan gigi, darah ikut keluar bersama busa dari pasta gigi. Hal ini dapat disebabkan karena beberapa hal yang menyebabkan gigi berdarah saat menyikat gigi dikarenakan salah satu tanda sudah saatnya karang gigi dibersihkan adalah keluarnya darah pada saat gosok gigi. Karang gigi terbentuk dari sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut yang kemudian mengalami proses pengapuran setelah bercampur dengan air ludah. Sisa makanan ini tertinggal karena tidak mungkin seseorang menyikat giginya dengan bersih sempurna.

Nah, bakteri di mulut ada yang bersifat merusak gigi dan ada juga yang merusak gusi. Jika bakteri itu merusak gusi, maka gigi akan menjadi goyang. Sedangkan jika merusak gigi, maka gigi akan menjadi bolong.

Namun, jika darah yang dikeluarkan banyak hal ini harus diwaspadai dampak dari:

  1. Radang gusi
  2. Infeksi mulut
  3. Stress
  4. Nutrisi buruk
    Referensi 1
    Referensi 2