Mengapa Rhoma Irama dijuluki raja dangdut?

Raden Haji Oma Irama yang populer dengan nama Rhoma Irama adalah musisi dangdut dari Indonesia yang berjulukan “Raja Dangdut”. Apa alasan yang menyebabkan beliau dijuluki raja dangdut?

Salah satu alasan beliau disebut raja dangdut mungkin karena prestasinya. Membicarakan prestasi sang raja dangdut selalu mengundang rasa penasaran. Pasalnya, meskipun kiprahnya begitu hebat tapi ia sama sekali minim apresiasi dari negeri sendiri. Soal musik, ia hanya mendapatkan rekor MURI sebagai raja dangdut, serta penghargaan lifetime dari AMI Awards.

Tak begitu digubris di negeri sendiri, Rhoma jumawa di dunia. Ada sangat banyak penghargaan yang diterimanya, tak hanya tentang dangdut yang usungnya tapi juga penghargaan pribadi. Misalnya juara 1 lomba menyanyi tingkat ASEAN tahun 1971, penghargaan dari majalah Entertainment Amerika di tahun 1992, penghargaan Superstar Legend dari Singapura serta masih banyak lagi yang lain.
Penghargaan pribadinya juga sangat banyak. Yang paling membanggakan tentu saja gelar Professor Honoris Causa dua kali dari Northern California Global University dan juga American University of Hawaii. Penghargaan seperti ini takkan mudah dilakukan oleh musisi lain bahkan di dunia.

Selain itu lagu-lagu beliau juga menjadi panutan dari musik-musik dangdut lainnya. Dan lagu-lagu beliau juga everlasting.

Jika dilihat dari kiprahnya yang hebat ini, maka sepertinya tak salah kalau Rhoma Irama begitu sangat dibanggakan dan banyak fans. Salutnya, meskipun pencapaiannya luar biasa, sosok Rhoma tetap rendah hati, sepertinya belum pernah ia membesar-besarkan jasa-jasanya terhadap musik dangdut. Bahkan deretan penghargaan itu mungkin hanya didengar segelintir orang saja. Di samping itu, Rhoma juga sosok yang sangat religius. Tak ada idola dengan paket lengkap seperti ini.

Sumber : https://www.boombastis.com/rhoma-irama-jadi-idola/49762