Mengapa Rela Menghabiskan Uang Yang Fantastis Hanya Untuk Membeli Barang Branded?

aaff62a106ee277a23c39aa9f41eaa15

Barang branded merupakan barang entah itu baju, aksesoris, sepatu, tas, dll dengan harga yang fantastis biasanya berkisar antara ratusan juta hingga milyaran rupiah. Misalnya, tas dengan ukuran medium yang dipakai oleh artis A senilai 120 juta, padahal jika dilihat kasat mata tas tersebut tidak menonjolkan kemewahan ataupun design yang menarik dengan harga yang ditawarkan. Namun meskipun begitu, bagi sebagian orang membeli barang branded bukanlah hal yang sulit dan dirasa seperti wajib untuk dibeli agar tidak ketinggalan fashion.

Menurut teman-teman, kenapa sih orang rela membeli barang branded hingga milyaran rupiah yang fungsi barang tersebut pun sama saja dengan harga yang lebih terjangkau? Apakah demi dipandang oleh masyarakat? Tulis pendapat kalian yaa!

Tentunya brand sebuah barang saat ini dianggap sebagai salah satu penentu kelas sosial seseorang di masyarakat yang membuat orang - orang yang memiliki uang berlomba - lomba untuk membeli barang branded. Apalagi dengan kehadiran social media sebagai platform berbagi kepada orang - orang yang sering kali digunakan oleh orang - orang untuk memamerkan barang branded mereka ntah itu tas, baju, atau sepatu. Walaupun memang secara design barang branded itu tidak menampilkan kesan kemewahan ataupun design yang menarik, itu semua karena " brand " dari barang tadi yang sudah mendunia dan juga boleh jadi barang itu juga sudah dipakai dan diendorse oleh para pesohor dunia hiburan, konglomerat, ataupun influencer di social media. ketika sebuah brand sudah mendapatkan tag " ekslusif " dari masyarakat, maka apapun produknya maka harganya boleh jadi sangat mahal.

Lalu kenapa ada orang - orang yang rela menghabiskan uang mereka dalam jumlah yang sangat banyak hanya untuk membeli barang branded ? salah satunya kalau menurut saya adalah mereka ingin memiliki prestise tersendiri dan mendapatkan social recognition dari masyarakat. Dengan memiliki barang branded dengan harga yang fantastis, seseorang ingin menciptakan image jika dirinya itu adalah seseorang yang memiliki kelas tinggi dalam struktur sosial masyarakat, karena memang biasanya barang branded itu dimiliki oleh orang kaya. Tetapi ada juga orang yang istilahnya tidak punya duit tapi juga ingin pamer di socmed dengan barang branded sehingga orang - orang seperti ini biasanya akan membeli barang branded KW dengan harga yang jauh di bawah barang aslinya. Intinya sih adalah, apa yang hendak dipamerkan di socmed ketika membeli barang tersebut adalah adalah " brand ".