Mengapa punggung terasa sakit jika kita kurang mengonsumsi air putih?

sakit punggung

Beberapa kali saya merasakan sakit di bagian punggung. Ibu saya bilang bahwa itu akibat dari kurangnya mengonsumsi air putih. Apakah itu termasuk gejala suatu penyakit? Apakah sakit punggung itu berbahaya jika terus dibiarkan? Mohon penjelasannya.

Sebaiknya Anda kenali penyebab-penyebab yang dapat memicu dari sakit punggung.

Nyeri punggung adalah nyeri atau kekakuan yang dapat dirasakan di sepanjang tulang belakang, dari dasar leher hingga ke tulang ekor. Gejalanya bisa berupa rasa sakit yang datang dan pergi, serta cenderung memburuk di kala malam. Nyeri punggung dapat dipicu oleh postur tubuh yang tidak ideal saat duduk, berdiri, atau membungkuk. Kondisi ini juga bisa diakibatkan oleh efek mengangkat benda yang terlalu berat. Selain itu, nyeri punggung dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi, termasuk salah satunya batu saluran kemih. Menurut beberapa penelitian, terbentuknya batu saluran kemih ini salah satunya dikaitkan dengan kebiasaan kurang mengkonsumsi cairan, termasuk air putih.

Berdasarkan kutipan diatas, nyeri punggung yang Anda alami dapat disebabkan oleh kurangnya Anda mengonsumsi air putih. Namun, untuk memastikan penyebab dari sakit punggung yang Anda alami, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga dapat melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Teruslah bergerak aktif
  • Untuk meredakan nyeri, dapat digunakan kompres hangat, kompres dingin, atau obat pereda nyeri yang dijual di pasaran (asam mefenamat, paracetamol)
  • Perbanyak konsumsi air putih 8-10 gelas per hari
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang, hindari konsumsi alkohol dan rokok
  • Kendalikan stres dengan bijak
  • Lakukan olahraga secara teratur (renang, jalan, jogging, bersepeda)
  • Lakukan relaksasi (yoga, meditasi)
  • Jaga berat badan ideal
  • Hindari pergerakan tubuh yang tiba-tiba, berdiam dalam postur tubuh yang tidak ergonomis dalam waktu lama

Referensi :


1 Like

Sakit Punggung itu bisa terjadi kalau anda terlalu lama duduk, kesalahan posisi duduk atau yang lainnya. Jika pekerjaan kita banyak di dalam ruangan dan aktivitas duduk itu bisa saja terjadi, dan setiap orang memang di anjurkan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh.

Ada beberapa hal penyebab sakit punggung

  1. Ketegangan Otot Otot yang tegang dan kencang merupakan faktor penyebab paling umum timbulnya nyeri punggung bagian atas.Duduk dengan posisi yang sama dalam waktu lama atau mengangkat benda berat bisa menyebabkan otot punggung menjadi kencang.Kondisi ini membuat otot menjadi tegang sehingga menimbulkan nyeri.Cedera pada otot punggung juga bisa memicu nyeri punggung (back pain).

  2. KehamilanBerat badan seorang wanita hamil biasanya akan bertambah.Penambahan berat badan akan memberikan tekanan tambahan pada punggung sehingga menimbulkan rasa nyeri pada punggung (back pain).Nyeri punggung selama kehamilan bisa disertai dengan sensai terbakar.Bila wanita hamil memiliki sikap/postur tubuh yang jelek, maka rasa nyeri punggung yang terjadi bisa lebih parah.

  3. Ruas Tulang Punggung Rusak atau PatahProses penuaan menyebabkan sendi dan tulang menjadi semakin rapuh.Kondisi ini membuat orang lanjut usia rentan terhadap herniasi tulang atau patah tulang punggung.Rasa nyeri seperti terbakar di punggung bagian atas juga bisa disebabkan oleh pecahnya ruas tulang belakang.
    Selain karena faktor usia, pecahnya ruas tulang bisa terjadi karena cedera saat olahraga atau kebiasaan mengangkat yang salah.

  4. Masalah Lainnya Spondilitis,
    masalah pernapasan,deep root ganglia, paresthesia, kerusakan saraf,
    atau diabetes neuropati dapat memicu nyeri yang tajam pada punggung
    bagian atas.

5.Infeksi GinjalInfeksi ginjal berpotensi menyebabkan nyeri punggung bagian atas.Masalah ginjal maupun masalah pada kandung kemih biasanya menyebabkan nyeri pada bagian bawah tulang belikat.

Karena banyak faktor sebab sakit punggung Itulah beberapa penyebab sakit punggung, tetapi anda juga harus memeriksakan diri ke dokter. Selain lakukan kebiasaan baik rajin konsumsi air putih, olah raga secara teratur dan cara duduk yang benar. Semoga bermanfaat :slight_smile:

Sumber: http://www.amazine.co/23167/5-penyebab-nyeri-punggung-atas-cara-mengatasinya/

1 Like