Mengapa Program Akselerasi Banyak Diincar Pelajar?

Pada sistem pendidikan di Indonesia, kita megenal adanya kelas regular dan kelas akselerasi. Program akselerasi merupakan kelas khusus yang dibuat sedemikian rupa agar dapat memfasilitasi peserta didik yang memiliki kemampuan di atas rata-rata dibanding anak-anak seusianya. Sistem pembelajaran di kelas akselerasi ini cenderung lebih cepat 1 tahun, sehingga jika normalnya pendidikan ditempuh selama 3 tahun, maka pada kelas akselerasi hanya dibutuhkan sekitar 2 tahun saja.

Program akselerasi menjadi hal lazim yang bisa kita jumpai pada sekolah-sekolah di Indonesia, walaupun tidak setiap sekolah menyediakan kelas akselerasi ini. Selama implementasinya, banyak menuai pro dan kontra dari kalangan masyarakat. Saya sendiri agak kurang setuju dengan adanya program akselerasi ini karena akan seolah-olah menciptakan sebuah gap yang menimbulkan stratifikasi sosial.

Bagaimana menurutmu? Mengapa justru banyak pelajar yang mengincar program akselerasi? serta benarkah program akselerasi ini menciptakan pribadi dengan potensi yang lebih unggul?

Menurut saya dengan waktu yang diberikan oleh program akselerasi dengan menekankan pola metode belajar yang lebih banyak mengexplore bidang ilmu. Menjadikan pelajar banyak meminatinya. Terkait dengan waktu juga tujuan mengejar pendidikan dengan waktu singkat dan diumur yang muda. Dengan begitu seorang pelajar dapat melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan umur yang terbilang muda dan masih bilang melakukan bahkan mengexplore bidang ilmu lain tanpa takut terhaang oleh umur.