Mengapa produk yang kita buat tidak laku di pasaran?


(Dictio Community) #1

Hal-hal apa saja yang harus kita perhatikan apabila hal tersebut terjadi pada startup kita ? Dilihat dari sudut pandang yang umum dan luas, tidak per produk.


(roarmetal20) #2

Ada banyak hal yang membuat sebuah produk dari perusahaan start up tidak mendapat tempat dipasaran, salah satunya dan yang paling umum terjadi adalah produk tersebut tidak terlalu dibutuhkan atau bahkan tidak dibutuhkan oleh pasar. Dengan kata lain agar produk dapat laku di pasaran dan diterima oleh masyarakat maka buatlah produk yang memang dibutuhkan oleh setiap orang.


(Buana Randa) #3

Setuju dengan jawaban @Pranadipa, produk yang di buat sesungguhnya harus dibutuhkan oleh setiap orang atau yang memiliki demand pasar yang cukup tinggi.

Namun faktor lain yang mempengaruhi adalah, inovasi terhadapa produk yang akan dipasarkan. Pasar biasanya memiliki demand akan sebuah produk tertentu, dan pasti produk tersebut di produksi dari banyak arah (perusahaan) dan yang paling laris adalah produk dengan kreasi dan inovasi yang menarik mata pasar. Seperti kualitas, desain, harga, kelebihan, kegunaan, teknik pemasaran, dan keefektivitasan dari produk yang dipasarkan.

Kita ambil contoh produk A dan B. Kedua produk memiliki tipe yang sama, namun memiliki perbedaan dalam inovasinya.
Produk A memiliki harga yang terjangkau dan memiliki sales marketing yang cukup handal, sedangkan produk B, harga sangat mahal, sales marketing yang bisa dikatakan menguasai pasar, Dari kedua kriteria tersebut bisa dikatakan bahwa Produk B menduduki atau memenangkan pasar. Disisi lain produk A sebenarnya juga laku, namun ada pada tingkat pasar menengah kebawah dengan tingkat penjualan yang rendah.

Untuk meningkatkan hasil penjualan, peningkatan kualitas produk pun sangat diperlukan dalam hal ini. Melihat banyak orang yang percaya bahwa “don’t judge book by its cover”. Kita perlu mengetahui kualitas sebenarnya yang ditawarkan produk tersebut.

Silahkan jika ada tambahan dan komentar lainnya. Mudahan ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat buat kita semua :relaxed::grin: