Mengapa produk roadmap yang statis sangat beresiko?

Sumber: https://www.myproductroadmap.com/products/seven-phase-it-strategy-timeline-roadmapping-powerpoint-diagram

Product roadmap adalah rencana yang cocok dengan sasaran bisnis jangka pendek dan jangka panjang dengan solusi teknologi khusus untuk membantu mencapai sasaran tersebut. Roadmap adalah latihan membangun roadmap produk. Roadmap dapat berlaku untuk produk atau layanan baru atau penawaran yang ada. Tidak hanya menimbulkan efek postifi tapi juga negatif, Mengapa roadmap statis sangat beresiko?

Menurut pendapat saya, mengapa hal ini sangat berisiko? Karena pada saat tertentu, peta jalan produk harus mencerminkan pemikiran strategis terkini, perencanaan dan sumber daya yang dibutuhkan, berdasarkan informasi terkini yang tersedia, untuk produk - dan informasi dan prioritas dapat sering berubah. Dengan peta jalan statis, setiap hari pengembangan produk berlangsung, peta jalan menjadi semakin usang, dan kurang bermanfaat.

Agar berhasil, seorang manajer produk membutuhkan peta jalan produk yang dapat terus diperbarui, baik untuk membantu semua konstituen yang relevan (dan manajer produk itu sendiri) dan memahami di mana pengembangan produk, dan untuk dapat menyesuaikan secara efektif dan secara cerdas ketika keadaan mengharuskan perubahan dalam strategi.

Dengan kata lain, sebagai manajer produk Anda tidak boleh hanya memperbarui peta jalan sebelum rapat pengembangan atau presentasi stakeholder eksekutif. Anda harus benar-benar hidup di dalam dokumen itu setiap saat dan juga mengkaji ulang, memperbaruinya, memeriksa kembali tujuan dan tenggat waktunya dalam terang realitas baru di perusahaan Anda dan di pasar. Intinya: Anda harus menghabiskan sebagian besar hari Anda di peta jalan produk Anda.