© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Mengapa produk iphone yang mahal selalu digemari banyak orang?

image

iPhone adalah jajaran telepon pintar yang dirancang dan dipasarkan oleh Apple Inc. iPhone menggunakan sistem operasi telepon genggam iOS Apple yang dikenal dengan nama “iPhone OS” sampai pertengahan 2010, sesaat setelah peluncuran iPad. iPhone pertama diluncurkan tanggal 29 Juni 2007;[14] iPhone terbaru, yaitu iPhone 7 dan iPhone 7 plus generasi kesepuluh, diluncurkan pada tanggal 16 September 2016.[15] Antarmuka penggunanya dikembangkan secara menyeluruh di layar multisentuhnya, termasuk sebuah papan ketik virtual. iPhone memiliki konektivitas Wi-Fi dan seluler (2G, 3G dan 4G).(sumber wikipedia)

Mengapa produk iphone yang mahal selalu digemari banyak orang?

iphone merupakan smarthphone mahal, namun justru karena mahal nya tersebut banyak masyarakat yang termakan gengsi memiliki mindset bahwa iphone merupakan smarthphone mewah yang mungkin hanya bisa dimiliki kalangan menegah keatas. selain itu berikut beberapa alasan mengapa iphone selalu disukai walaupun mahal:

1. Privasi and security
Privasi dan keamanan dalam iphone memang menjadi khas produk yang dikeluakan oleh apple tersebut, iPhone mempunyai firewall yang sangat kuat dan hampir tidak bisa dibobol oleh hacker. selain itu fitur iCloud yang merupakan sebuah akun private yang hanya dimiliki oleh pengguna device Apple termasuk iPhone yang memastikan data penggunanya sudah terbackup oleh fitur tersebut, dan andaipun iPhone kalian hilang/dicuri maka pengguna dengan mudah mengunci iPhone dengan jarak jauh dan bisa dipastikan data pengguna 100% aman, tidak akan bisa dibuka oleh di pencuri.

2.Manajemen memori yang baik
Bukan sekedar isu bahwa ram 1GB iphone lebih baik dari ram 3GB milik android. Dari segi IOS sendiri yang merupakan sistem operasi yang ringan, iphone juga membantu aplikasi yang sedang berjalan bekerja lebih efisien dan tanpa menguras sumber daya sistem atau baterai pengguna. (https://www.quora.com/Why-does-the-iPhone-need-so-much-less-RAM-than-Android-devices)

3. Kamera yang bisa diandalkan
Hasil tangkapan dari kamera iphone terlihat lebih natural. Apple meningkatkan ukuran sensor fotodioda (piksel) 15 persen lebih besar dibanding ukuran sensor di iPhone sebelumnya yakni dari awalnya hanya 1,4mikron menjadi 1,5mikron. teknologi ini menangkap lebih banyak cahaya sehingga hasil bidikannya jadi terlihat lebih jernih dan minim noise(https://tech.idntimes.com/gadget/indra/terungkap-ini-rahasia-dibalik-canggihnya-kamera-iphone/full)

4. Strategi pemasaran yang baik
Apple membuat dirinya menjadi brand terkenal dan produk - produk dari apple pun juga memiliki teknologi yang canggih, selalu berinovasi sehingga banyak orang melihat produk dari apple, termasuk iPhone, memang sebuah brand yang terbaik daripada smarthphone lainnya

1 Like

Saya setuju dengan pendapat dari saudari Putri. Saya ingin sedikit menambahkan. Selain keempat hal tersebut, penyebab produk iPhone digemari meskipun harganya mahal, yaitu :

1. High quality
iphone dibuat menggunakan material metal yang berkualitas. Meskipun desainnya sederhana, namun iPhone terkesan premium dan elegan dibandingkan dengan brand lainnya. Steve Job memang menekankan agar memperhatikan konfigurasi produknya dengan baik.

2. Performa hardware terbaik dan tahan lama
Spesifikasi hardware yang dikeluarkan Apple mendukung teknologi terbaru dengan kinerja terbaik hingga 5 tahun ke depan. Sehingga meminimalisasi upgrade hardware. Selain itu, iPhone memiliki kestabilan prosesor dan di-update secara berkala.

3. Keloyalan dan gengsi
Produk Apple memiliki fitur lengkap. Pengguna puas dengan kualitas yang diberikan oleh Apple. Pengguna menilai bahwa kualitas iPhone sebanding dengan harganya, sehingga banyak orang yang menyukai bahkan tergila-gila dengan iPhone meskipun harganya mahal.

Demikian pendapat saya terkait dengan pertanyaan di atas.

Referensi :
https://www.panduanmac.com/2016/12/kenapa-produk-apple-mahal.html
https://jalantikus.com/gadgets/alasan-iphone-lebih-laku-daripada-android/

1 Like

saya setuju dengan pendapat dari dinda dan putri dan saya ingin sedikit menambahkan.Selain hal-hal yang telah disebutkan, Berikut penyebab dari iphone digemari meskipun mahal :

1. Desain elegan dan Kaya Inovasi

Desain iPhone dari generasi ke generasi tidak terlalu berubah terkesan monoton tapi nyatanya menjadi salah satu daya tarik dari produk yang didirikan oleh Steve Jobs yang masih eksis sampai sekarang , hanya dimensinya yang mulai mengikuti tren. Secara konsisten, desain iPhone mampu lebih baik dari smartphone Android. Walaupun dari segi desain hanya itu-itu saja, tidak akan malu atau minder menggunakan iPhone versi lama karena adanya keloyalan dan gengsi.

Apple adalah vendor yang bisa dibilang tidak pernah berhenti berinovasi dengan membuat fitur-fitur terbaru untuk produk terbarunya. Sebut saja iKey yang memungkinkan penggunanya membuka dan menutup pintu dari kejauhan, sebagai pemutar musik atau pengambil gambar. Pada iPhone 5S juga ditanamkan fitur Touch ID yang akhirnya ditiru banyak vendor lainnya.

Pendapat dari Stave Wozniak salah satu mantan co-founder apple juga memberi alasan konsumen membeli perangkat Apple yang berharga mahal. Menurutnya, konsumen membeli perangkat Apple berharga mahal seperti iPhone karena risikonya kecil. Dengan kata lain, saat konsumen membeli iPhone, konsumen mengetahui apa yang akan mereka dapatkan, termasuk terkait reliabilitas dan inovasi.

2. Dukungan Update Sistem Operasi

Salah satu produk yaitu iPhone 5 yang dibekali dengan sistem operasi iOS 6 itu masih support untuk di-upgrade ke iOS 9.2. Ini membuktikan bahwa Apple masih tetap memberikan dukungan update sistem operasi terbaru, bahkan untuk perangkat yang sudah lama sekalipun secara merata dan sekaligus. Maka tak heran jika iOS 10 yang diperkenalkan hampir bersamaan dengan Android Nougat 7.0 telah digunakan hampir lebih dari 75% penggunanya. Sementara Android Marshmallow yang diperkenalkan pada bulan September 2016 silam baru diserap sedikit perangkat Android.

3. Ancaman Malware (Virus)

iPhone, Apple secara manual mensortir aplikasi yang masuk ke App Store, sehingga Apple bisa mencegah dan menolak aplikasi yang mengandung malware yang masuk ke App Store. Dari segi security iPhone memang lebih baik dari vendor lain.

referensi:
https://www.teknosee.com/2016/06/alasan-kenapa-apple-selalu-digemari.html
http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/xkEr6AeK-ini-alasan-iphone-digemari-meski-berharga-mahal

Menambahkan pendapat teman-teman saya, berikut beberapa alasan Iphone walaupun mahal namun digemari oleh banyak orang:

1. Inovasi
Dari riset, survey, dan penelitian yang dilakukannya, Apple mampu menciptakan produk baru yaitu Iphone yang menggabungkan kedua konsep dari Ipod dan telepon genggam yang telah sukses dijual sebelumnya. Namun penggunaan Iphone tidak terasa canggung ketika digunakan oleh user.

2. Target Pemasaran yang Potensial.
Apple yang selalu berusaha untuk menonjolkan hal-hal yang menarik perhatian kaum muda dan profesional. Dimana pengguna di era modern saat ini kebanyakan adalah kaum muda dan professional yang sangat menyukai produk canggih, trendi, dan serba bisa.

3. Kualitas tinggi sebanding dengan harga yang dibandrol.

  • Desainnya yang mewah serta layarnya yang tampak cemerlang meningkatkan keindahan / estetika Iphone yang enak dan nyaman untuk dipandang.
  • Body terbuat dari alluminium membuat Iphone tampak lebih kokoh dan tahan banting.
  • Kualitas gambar / foto yang dihasilkan sangat bagus, indah, dan tampak nyata karena Apple telah menyematkan teknologi dual camera dengan resolusi yang tinggi.
  • Fitur dan ikon-ikon yang user-friendly, tidak rumit, dan mudah untuk diingat.
  • Menyediakan applikasi yang selalu update dan berkualitas yang hanya tersedia di platform Apple sehingga hanya pengguna Apple saja yang dapat menggunakannya, karena tidak semua developer dapat merilis aplikasinya di AppStore.

4. Performa dan Sistem Security yang baik.
Kualitas hardware yang tidak mudah hang/lag membuat user nyaman menggunakannya. Lalu jika ada bug, maka bug-bug tersebut akan cepat diketahui dan diperbaiki oleh Apple karena sistem Apple yang selalu meng-update produknya secara berkala. Serta keamanannya yang terjamin karena OS dan software yang digunakannya tidak bersifat open source.

5. Branding Iphone yang meningkatkan gengsi si user.
Produk Apple seperti Iphone dikenal sebagai produk berharga tinggi, sehingga meningkatkan gengsi para pengguna. Selain itu walaupun harga belinya tinggi tapi harga jualnya pun masih tergolong tinggi juga, karena produknya yang terbatas. Hal tersebut membuat user tidak mengalami kerugian yang terlalu besar untuk membeli Iphone.

1. Ekosistem

Satu hal yang sangat menonjol dari kesuksesan iPhone adalah ekosistem yang diciptakan untuk berdampingan dengan device tersebut, maupun dengan device Apple lain. iPod yang diciptakan terlebih dahulu oleh Apple, telah memenangkan hati banyak masyarakat. Pada saat itu, masyarakat yang sudah menggunakan iPod, merasa familier dengan iTunes mereka, sehingga mereka tertarik. Tidak lama setelah rilis iPhone pertama di 2007, Apple merilis App Store pada tahun 2008, yang memudahkan pengguna untuk membeli dan mengunduh aplikasi, baik untuk hiburan, sosial, dan lain sebagainya, sementara ponsel pintar yang saat itu sedang naik daun, BlackBerry, lebih berfokus kepada kebutuhan bisnis dan sosial. Banyak pengguna iPhone yang tetap berpegang pada iPhone karena ekosistemnya.

After having the iPhone, I decided to give a Mac a try. Then an Apple TV. Then an iPad. Then more of all the above for my family. Now, having something that is not part of the Apple ecosystem that my family and I use just creates tremendous friction. I did have an Android phone for 6 months earlier this year due to a job change… a Galaxy S5… and it was an incredibly frustrating experience. Happy to now be back with iOS. - Convergent, on MacRumors Forum.

Ecosystem for me also. I want all of my devices to play nicely together, and Apple has made great strides in that area with recent updates (continuity, airdrop, etc). Switching out one device for a non-Apple alternative wouldn’t make much sense in the absence of some compelling reason for it. - QCassidy352, on MacRumors Forum

Setelah itu, Apple membuat ‘FaceTime’ dan ‘iMessage’ yang dapat terhubung ke semua produk Apple seperti iPhone, iPod Touch, iPad, bahkan Mac. Menurut pengguna, mereka sangat senang dengan lingkungan yang mempermudah mereka berkomunikasi. Juga adanya fitur seperti iCloud, yang mempermudah mengakses file dari satu device ke device lainnya. Siri, yang dapat menjadi “asisten personal” penggunanya, serta mudahnya transfer data antar device melalui AirDrop. Hal-hal tersebut yang membangun ekosistem iPhone menjadi kuat dan digemari oleh banyak pihak, dan mereka merasa bahwa kemudahan tersebut sangat pantas untuk harga yang mereka bayar.

2. Manajemen Memori

Saya setuju dengan apa yang diutarakan Saudari Putri terkait manajemen memori. Dulunya saya juga bertanya-tanya saat melihat spesifikasi iPhone, dimana saat smartphone lain menggadang-gadangkan kapasitas RAM mereka yang besar, saya melihat RAM iPhone sama sekali tidak besar. Namun, menurut pengalaman teman-teman saya, yang pengguna iPhone, mereka tidak pernah merasa bahwa iPhone mereka nge-lag sedemikian parah, walaupun membuka aplikasi yang lumayan berat. Dari situ, saya berasumsi bahwa, manajemen memori yang diterapkan oleh Apple sangat efektif, sehingga dengan kapasitas RAM kecil, pun, iPhone masih bisa digunakan untuk aplikasi yang lumayan berat.

3. Desain Fisik dan Desain Interface

Desain fisik iPhone sangat sederhana, namun memberikan kesan elegan, dan canggih. Sehingga, seperti yang sudah didiskusikan oleh Saudari Veronica, Putri, Wulan, Dinda, dan Putri, bahwa hal ini terkait dengan gengsi yang dirasakan oleh penggunanya. Teman-teman saya, yang menggunakan iPhone, masih setia membeli iPhone, walaupun yang dibelinya adalah iPhone yang bermodel cukup lama, karena desainnya elegan dan bagus.

Sementara untuk User Interface iOS, dapat dilihat bahwa ia memberi kesan futuristik dan sleek, sehingga memanjakan mata para penggunanya.

I first went with iOS because of the interface. I loved the “skeumorphic” design, it gave the essence of life behind the screen, turning of pages in iBooks blew my mind. And it was soooooo smooth. And their aesthetics of their products design was important to them. If the iPhones were made of plastic, I would’ve honestly not have been as interested in them as I am now. So from the beginning, I liked everything they were doing. - sonicrobby, on MacRumors Forum

Sumber: